Antisipasi Penyebaran Covid-19, Pemdes Tawan Jaya Dirikan Posko Utama


Muara Teweh, MKNews-Dalam menghadapi pandemi Corona Virus Disease (Covid-19) Pemerintah Desa (Pemdes) Tawan Jaya mendirikan Posko Covid-19 yaitu di Depan pintu masuk perbatasan desa, tepatnya di Desa Tawan Jaya, Kecamatan Teweh Selatan, Kabupaten Barito Utara.

Kepala Desa (Kades) Tawan Jaya Ester Suprihanti dan didampingi oleh Kaur Keuangan Subroto dan 1 (satu) orang dari tenaga kesehatan Bukit Sawit, Rela Wiji mengatakan pihaknya mendirikan posko Covid-19 ini guna mengantisipasi dan pencegahan terhadap penyebaran Virus Corona," ujarnya kepada MKNews/ Inovasi Borneo Senin 20/04/2020.

Posko dibuat di pintu masuk desa Tawan Jaya ini, agar setiap warga yang masuk maupun keluar dari desa dapat terpantau. Dan selain itu, akan dilakukan pengecekan suhu badan, penyemprotan kendaraan, dan cuci tangan, serta pencatatan identitas, kalau ada orang luar yang masuk ke desa Tawan Jaya kita Karantina dulu selama 14 hari," ungkap Kades.

Adapun sistem penjagaan di posko kita lakukan tiga shift secara bergilir dari masing-masing RW kami tugaskan setiap RT nya. Misalkan hari senin RW 1 (satu) yang terdiri dari 3 (tiga) RT dan itu dibagi dan masing-masing RT ada, sampai RW 5 (lima) nanti begilir dan kembali lagi ke RW 1 (satu)," jelasnya.

Sedangkan kendala yang dihadapi di posko yaitu saat pergantian shift. Karena warga yang kita butuhkan tersebut pas panen sawit, jadi  kalau dalam satu hari itu ada 5 orang jadi berkurang, dan kadang-kadang kita kekurangan personel jadi aparat desa yang mengantikannya," pungkasnya. (Led)