Sambut HUT Ke-75 Kemerdekaan RI, Koramil 1013-04/ Benangin Gelar Lomba Sumpit

Muara Teweh -MKNews- Dalam ikut serta melestarikan budaya bangsa Koramil 1013-04/Benangin, bersinergi dengan unsur muspika dan tokoh adat setempat, menggelar lomba sumpit di makoramil pada Kamis (13/08), beberapa waktu lalu.

Lomba digelar di tanah lapang, tempat kegiatan publik kecamatan Binangin dalam suasana yang cukup meriah. Partisipan hadir terdiri dari masyarakat dan generasi muda dari desa-desa di  kecamatan Binangin dan sekitarnya.
Dalam kesempatan tersebut, Danramil 1013-04/Binangin, Lettu Inf. Jinal, menyatakan,"Kami ucapkan terima kasih kepada unsur muspika,  masyarakat dan seluruh warga atas partisipasinya dalam lomba sumpit dalam rangka menyambut HUT ke-75 kemerdekaan RI tahun 2020. Ajang lomba ini sebagai salah satu bentuk memeriahkan hari kemerdekaan dengan kegiatan positif.

 Ada nilai yang tertanam di sini, yaitu mengenalkan sekaligus melestarikan budaya nenek moyang di Kalimantan, yaitu sumpit. Selain itu, ajang lomba ini juga sebagai bentuk upaya untuk menguatkan rasa kebersamaan dalam kekeluargaan antar warga masyarakat",tandasnya.

Di tempat terpisah, Dandim 1013/Mtw, Letkol Kav Rinaldi Irawan, M.Han. menyatakan," Saya apresiasi upaya Danramil 04/Benangin dalam menyelenggarakan lomba sumpit bersinergi dengan unsur muspika dan unsur lainnya, untuk memeriahkan hut ke-75 kemerdekaan RI. 

Langkah sangat mulia, karena turut melestarikan budaya nenek moyang di Kalimantan, yaitu sumpit. Mari kita kembangkan lagi di masa mendatang",tutur pamen dengan dua melati di pundaknya.

Turut hadir dan memeriahkan lomba tersebut,  Camat Teweh Timur, Kapolsek Teweh Timurdan Danramil 1013-04/Benangin, masing-masing beserta staf dang anggota.

Lomba yang diikuti kurang lebih ratusan peserta tersebut,  menghasilkan juara I, Mento dari desa  Benangin II, juara II, Murdani dari Polsek Teweh Timur, juara III,  Arkani dari desa Benangin I.