Gunakan Dana Hasil Lomba Desa, Pemdes Tawan Jaya Bangun Sarana Air Bersih

Muara Teweh, MKNews-Desa Tawan Jaya Kecamatan Teweh Selatan, Kabupaten Barito Utara telah menerima Dana Bantuan Keuangan (DBK) Rp. 300.000.000,- sebagai juara II (dua) pemenang lomba desa kategori regional tingkat Provinsi Kalimantan Tengah.

Kemudian dana hasil lomba desa tersebut, digunakan oleh Pemerintah Desa Tawan Jaya membangun sarana air bersih yaitu berupa sumur bor sebanyak 5 titik di 5 Rw dan satu Rw masing-masing mendapatkan 1 titik sumur bor," kata Ester Kepala Desa Tawan Jaya Kepada MKNews Selasa, 22/09/2020.

Selain membangun 5 titik sumur bor, dari dana tersebut juga dibangun bak tempat penampungan air di atas yang dikerjakan melalui padat karya tunai desa merupakan program pemerintah untuk pemberdayaan masyarakat desa dan mengutamakan pemanfaatan sumber daya, tenaga kerja dari warga desa," jelas Ester.

Dan harapannya setelah ada 5 titik sumur bor ini, dan disaat kekeringan warga desa di Tawan Jaya tidak lagi kekurangan air bersih. Sedangkan untuk posisi bak penampuangan air tersebut yang berdampingan dengan Pamsimas dibangun oleh PU pada tahun 2018,  jadi ada dua sarana air bersih yang bisa di nikmati warga nantinya," pungkasnya. (Led)