Kecamatan Kapuas Hilir, Melaksanakan Sosialisasi Tentang Pencegahan Karhutla


KUALA KAPUAS, MKNews - Menghadapi pada musim kemarau tahun ini,
sosialisasi tentang pencegahan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) dilaksanakan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Kapuas bekerja sama dengan Tripika Kecamatan Kapuas Hilir. Sosialisasi pencegahan Karhutla yang diikuti dengan penuh antusias oleh para peserta.

Sosialisasi yang digelar di aula Kantor Kecamatan Kapuas Hilir, Jalan Trans Kalimantan seberang Kecamatan Kapuas Hilir ini diikuti oleh seluruh lurah dan kepala desa se- Kecamatan Kapuas Hilir,
Selasa (8/9/2020) pagi.

Camat Kapuas Hilir, H.Mahrita menyebutkan 
Acara yang dilaksanakan dari pagi tadi sekitar pukul 08.30 WIB hingga dengan sekarang diikuti oleh peserta dengan penuh sangat antusias.

“Selain seluruh lurah dan kepala desa yang hadir, sosialisasi juga diikuti oleh tokoh masyarakat, tokoh adat dan Masyarakat Peduli Api ( MPA) yang seluruhnya berjumlah 75 orang, " ujar Mahrita.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup kabupaten kapuas, Kusmiati juga mengharapkan melalui sosialisasi tentang pencegahan Karhutla di Kecamatan Kapuas Hilir ini supaya tidak ada lagi kebakaran dari sekarang dan seterusnya.

“Dari semua elemen sektor kita sudah bersinergi dan bekerja sama untuk mencegah karhutla. dan juga untuk MPA sebagai ujung tombak supaya aktip dalam mencegah Karhutla,” pesan Kusmiati.

Ditempat terpisah Kapolsek Kapuas Hilir, Iptu Subandi SH MM mengatakan, sekarang ini kita sudah dalam status siaga darurat karhutla maka melalui sosialisasi tentang larangan membakar hutan dan lahan,  khususnya di wilayah Kecamatan Kapuas Hilir.

“Artinya masyarakat dihimbau untuk tidak melakukan aktivitas seperti pembakaran lahan pasca musim panen padi ini supaya kebakaran di wilayah Kapuas Hilir bisa diminimalisir. Itu harapan kita bersama, baik dari Dinas Lingkungan Hidup, kecamatan maupun kita Polsek juga Koramil,” tutup Subandi.