Wakil Bupati Seruyan Ajak Masyarakat Gemari Batik Seruyan

Kuala Pembuang MKNews--Momentum peringatan Hari Batik Nasional yang diperingati setiap tanggal 2 Oktober, diharapkan menjadi semangat bersama untuk menghidupkan batik khas Seruyan.

Wakil Bupati Seruyan, Iswanti mengungkapkan batik telah menjadi warisan budaya bangsa Indonesia. Motif batik  pun memiliki ciri khas  di setiap daerah.

“Seperti di Kabupaten Seruyan,  motif batik ada ciri khas ikan belida atau pipih dan ini sebagai ciri serta identitas daerah kita,” ungkapnya, Jumat, 2 Oktober 2020.

Untuk itu, Iswanti mengajak seluruh masyarakat di Kabupaten Seruyan, untuk membudayakan menggunakan batik, khususnya batik dari Kabupaten Seruyan.

 “Mari, kita budayakan memakai batik, apalagi kita juga telah memiliki batik khas Seruyan, yang bisa di pakai sebagai ciri khas daerah kita,” ajaknya.

Iswanti menambahkan, Hari Batik Nasional merupakan perayaan untuk memperingati ditetapkannya Batik sebagai warisan budaya Bangsa Indonesia.

 Penetapan Hari Batik Nasional, merupakan usaha pemerintah untuk meningkatkan martabat dan citra Bangsa Indonesia di forum internasional.

"Hari Batik Nasional juga sebagai wujud keinginan pemerintah untuk menumbuhkan kebanggaan dan kecintaan masyarakat terhadap kebudayaan Indonesia  dan mengajak seluruh masyarakat gemar memakai batik,” tandasnya. (rudin)