Hari Kunjungan Perpustakaan ATPUSI Kabupaten Seruyan Gelar Festival Literasi September 2020


Seruyan, MKNews-Dalam rangka Hari Kunjungan Perpustakaan dirangkaikan dengan Kegiatan Bulan Gemar Membaca yang diperingati setiap tanggal 14 September. Penetapan perayaan itu berdasarkan surat dari Kepala Perpustakaan Nasional Republik Indonesia Nomor 020/A1/VIII/1995.

Sebagai refleksi atas peringatan Hari Kunjungan Perpustakaan dan Bulan Gemar Membaca, penulis yang juga pustakawan sekolah SMP Tunas Agro dan pelaksanaan kegiatan Gawi Hantatiring Seruyan sekaligus Ketua Assosiasi Tenaga Perpustakaan Sekolah (ATPUSI) Kabupaten Seruyan menggagas untuk menyelenggarakan berbagai event lomba.

Adapun lomba yang diselenggarakan tersebut yakni lomba menggambar serta gerak dan lagu di tingkat TK, dan lomba bercerita tingkat SD, serta lomba pidato tingkat SMP. Kegiatan ini menarik minat siswa untuk unjuk kompetensi, dengan mengirimkan video singkat kepada panitia. Festival Literasi September 2020 ini diikuti beberapa Kecamatan seperti Danau Sembuluh, Kecamatan Hanau, sedangkan Kecamatan Seruyan Raya tuan rumah pelaksana kegiatan.

Hal ini disampaikan Agus Maryanto, S.Pd., selaku Waka Kesiswaan SMP Tunas Agro, ia mengucapkan terima kasih kepada panitia pelaksana yang telah memberikan wadah aktualisasi dan pengembangan diri siswa dan siswi ditengah pandemi Covid-19. Kegiatan ini sejalan dengan program kurikulum dan Kesiswaan." Semoga kegiatan ini, dapat meningkatkan minat literasi siswa di Kabupaten Seruyan, khususnya wilayah Seruyan Raya, Hanau dan Danau Sembuluh," kata Agus Maryanto.

Sementara itu Kepala SMP Tunas Agro, Muhammad Imam Firmansyah, S.Pd menyambut baik kegiatan yang dilaksanakan tahunan dan ini sudah menjadi agenda Sekolah. Dan beliau menyampaikan kepada seluruh panitia pelaksana FLS karena telah sukses menyelenggarakan kegiatan tersebut. "Semoga kedepannya kegiatan ini dapat terlaksana kembali dengan menjangkau jumlah peserta yang lebih banyak, dan sehingga kita bisa ikut mensukseskan program dari pemerintah yaitu gerakan literasi Sekolah," tutupnya.

Kemudian untuk peserta pemenang pada lomba bercerita tingkat SD juara 1,2, dan 3 di raih SDS Wijaya Kusuma 2 Kecamatan Hanau, untuk lomba pidato tingkat SMP juara 1, 2 di raih SMP Bhakti Perdana PT. Sawit Mas Nugraha Perdana dan Pemenang ke-3 yaitu SMP Tunas Agro Kecamatan Seruyan Raya, sedangkan untuk lomba menggambar dan gerak lagu tingkat TK se-Agro Indomas, di raih TK Tunas Agro 2 TRE, TK Tunas Agro 6 RIM dan TK Tunas Agro 1 TLE.