Wakil Bupati Barut Pimpin Apel Kesiapan Pam Tahun Baru 2021 di Makodim 1013/Mtw.


Muara Teweh –MKNews -Wakil Buapti Barito Utara, Sugianto Panala Putra, S.H, memimpin langsung Apel gabungan kesiapan  pengamanan pergantian tahun Baru 2021, di halaman Makodim 1013/Mtw Jl. A. Yani Muara Teweh pada Kamis (31/13).

Turut hadir dalam acara apel kesiapan pengamanan pergantian Tahun Baru 2021 di Kodim 1013/Mtw Dandim 1013/Mtw, Letkol Kav Rinaldi Irawan, M.Han., Kapolres Barito Utara AKBP Dodo Hendro Kusuma, S.I.K, Ketua Pengadilan Negeri Barito Utara, Cipto Hosari Nababan, S.H., M.H, Ketua Pengadilan Agama Barito Utara, diwakili wakil ketua, Kepala BPBD Barito Utara Gazali Montallatua, Kasatpol PP Barito Utara dan unsur SOPD Kab. Barito Utara.


Dalam kesempatan membacakan amanat Gubernur Kalteng,  Wakil Bupati Barito Utara Sugianto Panala Putra,S.H mengatakan,” Bahwa apel kesiapan pengamanan pergantian tahun baru 2021 di Prov. Kalteng guna memberikan rasa aman kepada masyarakat yang akan melaksanakan  perayaan pergantian tahun. Apel kesiapan pengamanan ini merupakan salah satu bentuk kesiapan POLRI bersama dengan TNI dan unsur PEMDA serta mitra kamtibmas lainnya dalam kesiapan sarana dan prasarana yang akan dilibatkan guna pendukung pengamanan perayaan pergantian Tahun Baru",tandasnya.

Disampaikan lebih lanjut, bahwa lonjakan korban Covid-19 di Prov. Kalteng selama 2 bulan terakhir sudah sangat mengkhawatirkan oleh karena itu dalam perayaan pergantian tahun ini seluruh warga masyarakat harus peduli untuk lebih mematuhi protokol kesehatan dalam setiap aktivitas kehidupan.

Selanjutnya Gubernur dalam akhir amanatnya menekankan, pertama, untuk meningkatkan kualitas iman dan taqwa kepada Tuhan YME sebagai landasan moral yang kokoh dalam pelaksanaan tugas ditengah masyarakat. Kedua, lakukan deteksi dini terhadap ancaman faktual yang dapat merusak kerukunan antar umat beragama dan memecah nilai persatuan dan kesatuan bangsa. Ketiga, lakukan penggalangan terhadap TOGA TOMAS dan TODAT agar ikut berperan menghimbau masyarakat untuk mematuhi Prokes. Keempat, aktifkan operasi Yustisi guna menumbuhkan kesadaran dan kepatuhan masyarakat terhadap Prokes.

Kokohkan sinergi dengan satgas covid 19 lakukan pembubaran terhadap kerumunan massa ditempat umum yang melanggar prokes guna menekan penyebaran Covid-19 di Provinsi Kalimantan Tengah.

Selanjutnya , tambahan dari  Wakil Bupati Barito Utara, dengan dilaksanakannya apel kesiapan pengamanan pergantian Tahun Baru 2021 di wilayah Kab. Barito Utara diharapkan nantinya untuk Polres Barito Utara maupun Kodim 1013/Mtw serta instansi terkait dapat meminimalisir gangguan kamtibmas, gangguan kamseltibcarlantas serta berbagai kejahatan konvensional lainnya.

Usai apel gabungan dilanjutkan acara tambahan, foto bersama dan peninjauan ke pos PAM di kota Muara Teweh.