Geger Temuan Benda Menyerupai Serpihan Pesawat, Dandim Pangkalan Bun Bersama Danlanud dan Kapolres Kobar Lakukan Patroli Udara


Kotawaringin Barat - MKNews-Komandan Kodim 1014 /Pbn Letkol Arh Drajad Tri Putro S.E, bersama dengan Kapolres Kobar AKBP Devy Firmansyah dan Danlanud Iskandar Pangakalan Bun melakukan patroli udara menggunakan helykopter untuk mengecek langsung keberadaan sebuah benda temuan warga di pesisir area Desa Teluk Ranggau Kecamatan Kumai Kab. Kotawaringin Barat yang di duga merupakan serpihan pesawat, (05/01/2021).

Kuat dugaan serpihan tersebut merupakan potongan badan pesawat Air Asia QZ 8501 jenis Air Bus 320-200 yang mengalami kecelakaan di Perairan Kumai 30 Desember 2014 silam.

Benda asing berukuran besar dengan setengah lingkaran dengan panjang lebih dari 9 meter tersebut bagian atasnya sudah dalam kondisi terpotong tersebut pertama kali ditemukan oleh warga di tepi Teluk Runggau, Desa Sungai Cabang, Senin 4 Januari 2021 pukul 15.00 WIB.

Dalam keterangannya Dandim 1014 Pbn Letkol Arh Drajad Tri Putro S.E, mengatakan Patroli udara yang dilaksanakan bersama dengan Kapolres Kobar dan Danlanud Iskandar Pangkalan Bun tujuannya adalah untuk memastikan keberadaan benda tersebut. 

"Kita tidak bisa berspikulasi mengatakan kalau benda itu adalah potongan pesawat Air Asia yang jatuh beberapa tahun lalu, pengecekan yang kita lakukan kali ini hanya melalui udara sehingga tidak bisa tau persis benda itu apa,"  ujar Dandim

" Kita tetap akan melakukan pengecekan langsung melalui jalur air agar bisa sampai ke lokasi tersebut, namun saat ini cuaca masih tidak memungkinkan untuk bisa sampai kesana dikarenakan kondisi air laut yang gelombangnya sangat tinggi, apabila dipaksakan bisa membahayakan anggota kami dilapangan, " Ungkapnya.