Danrem hadiri penandatanganan nota kesepahaman dan kerja sama FOOD ESTATE


PALANGKA RAYA - MKNews-Komandan Korem (Danrem) 102/Pjg Brigjen TNI Purwo Sudaryanto menghadiri Kegiatan Penandatanganan nota kesepahaman dan perjanjian kerja sama dalam rangka pelaksanaan Program Intensifikasi dan Ekstensifikasi Lahan pada lokasi Food Estate. Bertempat dikantor Gubernur Aula Eka Hapakat lantai III Jl. RTA Milono No.1 Kota Palangka Raya,  Provinsi Kalteng Rabu 24 Februari 2021.

Dilaksanakan kegiatan penandatanganan nota kesepahaman dan perjanjian kerja sama dalam rangka pelaksanaan Program Intensifikasi dan Ekstensifikasi Lahan pada lokasi Food Estate. Dalam kegiatan tersebut dilaksanakan Penandatanganan Nota Kesepahaman dan Perjanjian Kerja Sama Prov. Kalteng dengan Kodam XII/Tpr dan Korem 102/Pjg. Dalam sambutan Gubernur Kalteng Sugianto Sabran yang disampaikan oleh Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Tengah Fahrizal Fitri mengatakan.

"Kami menyambut dengan baik program Food Estate ini, selain itu perlu diketahui bersama bahwa Presiden RI Joko Widodo berharap kepada Provinsi Kalteng agar menjadi lumbung pangan nasional. Dengan ini saya mengimbau kepada masyarakat Kalteng mari bersama-sama kita mensukseskan progam ketahan pangan ini, semoga program ini berjalan dengan lancar dan mencapai target yang kita harapkan," kata Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Tengah Fahrizal Fitri.

Selain itu Dirjen PSP Kementrian RI Sarwo Edhy juga mengatakan sesuai dengan arahan Presiden RI Joko Widodo bahwa sudah ditetapkan Provinsi Kalteng ini menjadi lumbung pangan nasional. Presiden RI Joko Widodo berharap agar Provinsi Kalteng bisa mencapai target yang diharapkan oleh pemerintah nasional untuk menjadi lumbung pangan.

Selain itu Kementrian PUPR RI sudah menyampaikan kepada Presiden RI Joko Widodo bahwa ada lahan di Provinsi Kalteng seluas 164.000 HA yang siap untuk di Intensifikasi dan Ekstensifikasi guna program ketahanan pangan.

"Saya berharap kepada Instansi terkait agar bekerjasama dengan baik untuk mengelola program ketahanan pangan ini. Saya perintahkan kepada Kadis TPHP Provinsi Kalteng agar didata secara detail untuk para petani yang mendapat program pupuk gratis dari pemerintah. Tolong optimalisasi kan lahan - lahan yang masuk dalam program ketahanan pangan ini," kata Dirjen PSP Kementrian RI Sarwo Edhy.

Selain itu Lahan yang sudah siap tanam akan didukung benih dari pemerintah, dirinya berharap program ketahanan pangan ini berjalan dengan sukses karna kedepan masyarakat Indonesia akan bertumpu pada ketahan pangan ini. Kita ketahui bahwa penduduk Indonesia saat ini berjumlah sekitar 270 jt jiwa, maka dengan itu Presiden RI Joko Widodo berharap betul kepada Provinsi Kalteng agar sukses menjadi ketahanan pangan nasional.

Hadir dalam kegiatan tersebut Dirjen PSP Kementrian RI Sarwo Edhy, Sekda Provinsi Kalteng Fahrizal Fitri, Danrem 102/Pjg Brigjen TNI Purwo Sudaryanto, Waas Ter Kodam XII/Tpr Letkol Inf Muhammad Azhari, Kasi Ter Kasrem 102/Pjg Kol Inf Muhammad Albar, Direktur Perluasan dan Perlindungan Kementrian Pertanian RI, Kadis TPHP Provinsi Kalteng, Dandim 1011/Klk Letkol Inf Ari Bayu, Dandenzibang XII-2 Plk, Perwakilan Pusterad Letkol Kav Made Maha Y, Kadis Pertanian Kabupaten Kapuas, Kadis Pertanian Kabupaten Pulpis.

Komentar