Sebagai Tracer Covid-19, Babinsa Koramil 101-03/Teweh Tengah Terjun Ke RT


Muara Teweh –MKNews- Koramil 1013-03/Teweh Tengah mengimplementasikan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) mikro di beberapa titik di kelurahan Lanjas, kecamatan Teweh Tengah, Kabupaten Barito Utara, pada Jum’at (12/02/21).

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Lurah Lanjas beserta staf, Danramil 03/Teweh Tengah Lettu Inf M.Guntur beserta Babinsa dan Bhabinkamtibmas Polsek Teweh Tengah, Aiptu Giyanto dan Aipda Winarno serta Ketua RT di masing-masing posko.

Beberapa tugas operasional Babinsa dalam PPKM sekala mikro yaitu  melakukan pencatatan data kasus serta pelaksanaan 3T di wilayahnya, melaporkan secara berkala pada posko, melaksanakan monitoring, peneguran dan disiplin protkes dan membantu pendistribusian logistik pendukung (masker, bansos, dsb).

Adapun tugas Babinsa selaku Tracer diantaranya melakukan deteksi kasus baru Covid-19, melakukan pelacakan kontak erat dari laporan kasus informasi maupun dari kasus probable dan suspek, melakukan koordinasi dengan perangkat kelurahan atau desa, RT/RW, satgas Covid-19 dan pemerintah daerah  terkait dalam rangka persiapan pelacakan kontak erat, menyiapkan kebutuhan logistik bagi kontak erat dan keluarga yang bersumber dari puskesmas, Dinkes, mengidentifikasi kasus suspek dari semua kontak erat. Terkait hal tersebut, tempat yang menjadi sasaran saat ini  adalah RT.10, 29 dan 30 kelurahan Lanjas.

Danramil 03/Teweh Tengah, Lettu Inf M. Guntur mengatakan,”Pencegahan penyebaran Covid-19 dengan memperkuat komunikasi publik tentang protokol kesehatan secara mikro. Karena satuan terkecilnya lewat RT, maka gerakan door to door untuk menjelaskan protokol kesehataan ini sangat diperlukan. Posko juga berperan aktif dalam melakukan sosialisasi protokol kesehatan, serta memiliki peranan dalam melakukan tracking (pelacakan) dan tracing (penelusuran),” ujarnya.

Lebih lanjut Danramil menambahkan, kepada masyarakat kami himbau agar memberikan keterangan yang sejujur-jujurnya kepada petugas, agar penanganan lanjutan bisa tuntas. Apabila tidak jujur akan menimbulkan rangkaian  persoalan baru dan kompleks.

Komentar