Danrem 102/Pjg Bertindak sebagai Inspektur Upacara Pemakaman Almarhum Sabran Achmad Secara Militer

PALANGKA RAYA -MkNews- Komandan Korem (Danrem) 102/Pjg Brigjen TNI Purwo Sudaryanto, bertindak sebagai Inspektur Upacara pada  Upacara  pemakaman secara militer almarhum Sabran Achmad, di Taman Makam Bahagia Sanaman Lampang, Jalan Cilik Riwut KM. 2,5 Kota Palangka Raya Provinsi Kalimantan Tengah  (Kalteng), Rabu 28 April 2021.

Almarhum Sabran Achmad adalah, salah satu tokoh adat dan budaya serta veteran pejuang kemerdekaan dari Provinsi Kalteng, yang juga mantan ketua Dewan Adat Dayak (DAD) Provinsi Kalteng Periode 2008-2016, beliau meninggal pada Hari Selasa 27 April 2021 di RSUD dr. Doris Sylvanus pada usia 91 Tahun.

Dalam kesempatan itu Danrem 102/Pjg Brigjen TNI Purwo Sudaryanto menyampaikan, dengan penuh rasa duka yang amat dalam, pada hari ini, kita semua berkabung atas wafatnya, H. Sabran Achmad Tokoh adat dayak dan pejuang kemerdekaan dan sekaligus tokoh pendiri Provinsi Kalteng.

Sosok almarhum H. Sabran Achmad semasa hidupnya, selalu mengedepankan serta mengangkat harkat dan martabat masyarakat Kalteng pada umumnya dan masyarakat dayak pada khususnya, beliau tidak membeda bedakan golongan, agama, Ras dan perbedaan lainnya serta selalu berkonsentrasi untuk kemajuan dan kepentingan masyarakat Kalteng.  

"Saya ingin mengatakan bahwa dengan jujur dan hati yang bersih, harus kita akui bahwa Almarhum, telah memberikan begitu banyak jasa kepada masyarakat Kalteng, bangsa dan negara. Marilah kita lanjutkan pengabdian beliau, dengan tindakan nyata, khususnya dalam peningkatan kemajuan di provinsi Kalimantan tengah. Atas nama pribadi dan keluarga besar Korem 102/Pjg beserta jajaran, saya sampaikan ucapan terima kasih yang tulus atas jasa dan pengabdian Almarhum semasa hidupnya," ucapnya.

Mari kita berikan penghormatan dan penghargaan yang tinggi atas dharma bhakti beliau. Pada kesempatan yang penuh duka dan khidmat ini, dengan hati yang ikhlas, marilah kita berdoa ke hadirat Allah SWT, semoga Almarhum diampuni segala kesa-lahan dan kekhilafannya. Semoga segala amal ibadahnya, diterima oleh Allah SWT.

"Kepada keluarga Almarhum yang ditinggalkan, selalu senantiasa diberi ketabahan, kesabaran, dan ketegaran serta dapat menerima kepergian Almarhum dengan penuh keikhlasan. Akhirnya, dengan rasa bela-sungkawa yang dalam, marilah kita lepas kepergian Almarhum menghadap Sang Khaliq, Allah SWT dengan tenang," pungkasnya.

Turut Hadir pada upacara tersebut, Sekda Provinsi Kalteng, Ketua DPRD Provinsi Kalteng, Dandim 1016/Plk, Karoops Polda Kalteng, Dirsabhara Polda Kalteng, Para perwira Jajaran Korem 102/Pjg, Wakil Bupati Kotim Irawati, Satu SST Kodim 1016/Plk, Satu SST Yonif R 631/Atg, Satu regu Korsik Rem 102/Pjg, para Peserta upacara serta Keluarga dan kerabat Almarhum.

Komentar