Yulianto Kades Terpilih, Gelar Penanaman Perdana Cabai Rawit Di Desa Tringsing

Barito Utara, MKNews-Yulianto Kepala Desa (kades) terpilih Desa Tringsing, Kecamatan Teweh Selatan, Kabupaten Barito Utara menggelar kegiatan penanaman perdana cabai rawit di lahan seluas 1/2 hektare. Kegiatan penanaman perdana tersebut bertempat di Desa Trinsing, Kamis 26/05/2022.

Penanaman perdana cabai rawit ini, disaksikan langsung oleh Camat Teweh Selatan Asmuri, dan dihadiri Kabid Pertanian, Ibu PKK Kecamatan dan Ibu PKK dari Kabupaten Barito Utara, Pj.Kades Tringsing, para petani, serta warga sekitar.

Yulianto mengatakan bahwa untuk penanaman perdana cabai rawit yang dilakukan pada hari ini yaitu di atas lahan seluas 1/2 hektare atau kurang lebih setengah hektare. Dan untuk kedepannya nanti sering berjalannya waktu, kita akan memperluas lokasi lahan lagi seluas 5 hektare supaya kita bisa mengembangkan tanaman cabai rawit ini," ujarnya.

Dan saya berharap lanjutnya, kepada pihak terkait agar nantinya bisa memperbaiki jalan menuju ke lokasi lahan atau kebun cabai rawit ini. Dan kalau jalan usaha tani ini sudah diperbaiki maka mempermudah untuk mengangkut hasil panen nya nanti. Sedangkan untuk saat ini saja hasil panennya sangat memuaskan, seperti kemarin sekali panen kita mencapai 280 kilogram," ucap Yulianto Kades terpilih.

Sementara itu, Camat Teweh Selatan Asmuri mengatakan" Alhamdulillah saya pada hari ini bisa menghadiri kegiatan penanaman perdana, walaupun hari libur dan juga hujan, namun tetap semangat menghadiri penanaman perdana cabai rawit yang diselenggarakan oleh Kepala Desa terpilih. Dan ini bukan hanya sekali menanam namun sudah berkali-kali dan sudah berhasil," kata Asmuri.

Saya selaku Camat Teweh Selatan sangat mengapresiasi kegiatan ini. "saya juga berharap kedepannya nanti saudara Yulianto selaku Kades terpilih, bisa mengembangkan tanaman cabai rawit. Karena selama ini di Kecamatan Teweh Selatan dia lah pemasok cabai yang berhasil dan juga satu-satunya penghasil cabai terbesar di wilayah ini. Coba bayangkan dari hasil panen untuk 1000 pohon cabai bisa menghasilkan lebih dari 100 kilogram cabai sekali panen. "kepada pihak Pertanian tim PKK agar sering-sering melakukan pembinaan," pungkasnya. (Led)

Komentar