TMMD ke-113 Desa Bungai Jaya Resmi Berakhir

KUALA KAPUAS, MKNews – Kegiatan Tentara Manunggal Masuk Desa (TMMD) ke-113 di Desa Bungai Jaya, Kecamatan Basarang, Kabupaten Kapuas secara resmi telah berakhir. Hal ini ditandai dengan dilakukannya penandatanganan dan penyerahan naskah pekerjaan dari Komandan Kodim 1011/KLK Letkol Kav Ferdiansyah kepada Bupati Kapuas Ben Brahim S Bahat, bertempat di Aula Kantor Bappeda, Kamis (9/6/2022).

Kegiatan ini rutin dilaksanakan setiap tahunnya, yang mana kali ini tempat pelaksanaanya di Desa Bungai Jaya, Kecamatan Basarang, Kabupaten Kapuas dengan mengambil tema “TMMD Dedikasi Terbaik Membangun NKRI”.

Tujuan dari dilaksanakannya TMMD yaitu untuk membantu Pemerintah dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui kegiatan bersifat sasaran fisik maupun sasaran non fisik, guna memantapkan kemanunggalan TNI-rakyat dalam rangka menyiapkan ruang, alat dan kondisi juang yang tangguh.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Kapuas Ben Brahim S Bahat mengatakan dengan adanya kegiatan TMMD ini, maka dapat mengikat rasa kebersamaan dan kekompakan antara masyarakat dan TNI.


Ben Brahim dalam penutupan kegiatan itu, menyampaikan apresiasinya kepada Kodim 1011/KLK yang telah mambantu Pemerintah Daerah dalam segala hal, khususnya terkait keamanan wilayah sehingga masyarakat Kapuas selalu kondusif, rukun dan damai.

“Selaku Pemerintah Daerah kami menyampaikan terima kasih kepada Dandim 1011/KLK beserta jajarannya yang sudah bekerjasama dengan Pemerintah Daerah, dalam membangun kesejahteraan masyarakat Kabupaten Kapuas. Dengan adanya kegiatan TMMD ini, khususnya di Desa Bungai Jaya, maka masyarakat merasa terbantu dalam hal pembangunan sarana prasarana dan lain sebagainya,” kata Ben Brahim.

Kegiatan TMMD ini sambungnya menunjukkan adanya kebersamaan TNI, Pemda dan juga masyarakat, sebab selama ini sangat dirasakan sekali oleh masyarakat akan dampaknya pelaksanaan TMMD ini diwilayah Kabupaten Kapuas dan dapat terus ditingkatkan.

Lebih lanjut, dirinya pun menyatakan bahwa Pemerintah Daerah pada prinsipnya siap mendukung kegiatan seperti TMMD seperti ini untuk kedepan dan seterusnya, sebab dinilai sangat memberikan dampak yang positif bagi masyarakat.

Sementara itu, Dandim 1011/Klk Letkol Kav Ferdiansyah menyampaikan harapannya kepada masyarakat agar menjaga hasil-hasil yang telah dicapai selama pelaksanaan TMMD ke-113 ini.

“Pelihara dan rawat dengan baik sarana dan prasarana yang telah dibangun, sehingga manfaatnya dapat dinikmati dalam jangka waktu yang lama,” ucapnya.

Kemudian, Dandim 1011/KLK Letkol Kav Ferdiansyah dalam laporannya, menjelaskan selama pelaksanaan TMMD yang berlangsung dari tanggal 11 Mei sampai 9 Juni 2022 ini, pihaknya bersama instansi terkait telah menyelesaikan beberapa pembangunan fisik dan nonfisik, diantaranya semenisasi jalan usaha tani sepanjang 1.8 Km, semenisasi pure dan mushola, pembuatan empat buah jembatan kayu.

“Kami juga telah melaksanakan kegiatan non fisik seperti penyuluhan stunting, penyuluhan bahaya narkoba, penyuluhan Covid-19, penyuluhan karhutla dan beberapa penyuluhan lainnya dengan semua pembangunan baik fisik dan non fisik target yang sudah dicapai 100 persen,” pungkasnya. (Hr)

Komentar