Cegah DBD, Tim UPT Puskesmas Benao Lakukan Fogging di Desa Luwe Hulu

Barito Utara, MKNews-Guna mencegah bahaya penyakit Demam Berdarah (DBD), Unit Pelayanan Terpadu (UPT) Puskesmas Benao bersama Pemerintah Desa (Pemdes) Luwe Hulu, Kecamatan Lahei Barat, Kabupaten Barito Utara (Barut) melaksanakan Fogging di Desa Luwe Hulu, Kamis 06/10/2022.

Fogging yang dilakukan ini untuk menekan penyebaran nyamuk Aedes aegypti dan kasus demam berdarah dengue (DBD) di Desa Luwe Hulu dan Luwe Hilir. Demam Berdarah (DBD) adalah penyakit menular yang disebabkan oleh nyamuk Aedes aegypti yang dapat menyerang orang di segala usia," kata Kepala UPT Puskesmas Benao, Holdeson.

"Kemudian berdasarkan laporan dari Rumah Sakit dan Dinas Kesehatan bahwa di desa Luwe Hulu terdampak 3 orang yang posisinya saat ini dirawat di RSUD Muara Teweh. Dan untuk menindaklanjuti hal itu kami kemarin telah memberikan ABT yaitu melakukan pemberantasan sarang nyamuk. Jadi Fogging ini sebenarnya adalah tindak lanjut saja.

"Yang sebenarnya menjadi pokok adalah menjaga kebersihan lingkungan karena saat ini sarang nyamuk yang kita ketahui biasanya tumbuh di genangan air bersih dan sekarang mereka bermutasi di genangan dan saluran pembuangan air disitulah mereka berkembang. Kami sarankan kepada masyarakat Desa Luwe Hulu dan Desa Luwe Hilir yang jarak desanya berdekatan untuk selalu menjaga kebersihan lingkungan," ujar Holdeson.

Dan untuk sementara lanjutnya kegiatan Fogging ini kita fokuskan di desa Luwe Hulu saja, dan kita lakukan di beberapa titik karena di daerah tersebut ada yang terdampak maka kita lakukan Fogging di Rt. 01, 02, 03 dan mess Perusahaan PT BPA kita lakukan penyemprotan untuk pencegahan dan sekaligus pemberian ABT," pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Desa(Kades) Luwe Hulu, Arisandi melalui Sekretaris Desa, Jali membenarkan bahwa kemarin ada 3 orang terkena gejala DBD tetapi sebelumnya sudah di berikan bubuk ABT untuk mencegah Demam Berdarah, sasarannya tergantung dari kesediaan obat kita dari Puskesmas untuk pencegahan oleh karena itu kami lakukan pencegahan.

"Dirinya berharap dengan adanya Fogging yang dilakukan oleh UPT Puskesmas Benao ini dapat mencegah dan mengurangi perkembangbiakan nyamuk yang menyebabkan DBD dan juga meningkatkan kesadaran warga tentang pentingnya menjaga kebersihan, agar lingkungan bersih sehat aman dari penyakit DBD, kemudian ia juga mengajak semua warga masyarakat desa Luwe Hulu untuk semakin peduli dengan kebersihan. (Led)

Komentar