Manfaatkan Lahan Pekarangan, Kades Trinsing Garap Lahan Untuk Kebun PKK Desa

Barito Utara, MKNews-Manfaatkan lahan pekarangan, dan Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK), Kepala Desa (Kades) Trinsing Yulianto menggarap lahan untuk kebun PKK di Desa Trinsing, Kecamatan Teweh Selatan, Kabupaten Barito Utara (Barut), Kamis 09/03/2023.

Kemudian lahan yang digarap ini akan nantinya ditanami cabe, tomat, terong dan setelah nanti kita panen tanaman tersebut kita gantikan dengan menanam semangka. Sedangkan untuk toganya yaitu tanaman-tanaman bermanfaat yang bisa digunakan untuk obat seperti pasal bumi, tabat Barito, sarang semut dan lain-lain.

"Dan saya meminta kepada warga desa, apabila bepergian kehutan tolong bawakan tumbuh-tumbuhan yang bermanfaat dan bisa dipergunakan untuk obat tradisional yang nantinya kita tempatkan di kebun PKK desa ini. Jadi itulah rencana kita kedepannya, dan kita berharap juga kalau nanti terbuka, dan lahannya sudah sempurna akan kita atur perencanaannya," kata Kades Trinsing Yulianto.

Sedangkan untuk perencanaan kedepannya pembangunan di Desa Trinsing ini, Yulianto menyebutkan akan membangun Gedung serbaguna yang nantinya dilengkapi dengan sarana dan prasarana olahraga seperti lapangan voli, bulu tangkis, futsal dan taman bermain serta dibelakangnya ada kolam dan juga jalan tembus ke persawahan yang bernuansa Agrowisata.

"Selain itu, dibangun juga tempat bersantai keluarga bagi warga desa yang mau berjualan kita persilakan supaya cepat berkembang tujuannya untuk meningkatkan pendapatan warga. Untuk sumber dananya yaitu dari Dana Desa (DD) yang sudah kita anggarkan, ditambah lagi nanti kita minta bantuan dari pihak ketiga. Untuk peletakan batu pertama pembangunan gedung serbaguna nantinya kita undang Bapak Bupati Barito Utara," pungkasnya. (Led)
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url