Gubernur Kalteng H. Sugianto Sabran Tinjau Pasar Penyeimbang di Hanau

Seruyan – MKNews-Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) H. Sugianto Sabran didampingi Ketua TP-PKK Prov. Kalteng Ivo Sugianto Sabran melakukan kunjungan kerja (kunker) ke Kabupaten Seruyan, Jumat (14/4/2023).

Kunjungan Gubernur bersama Ketua TP-PKK dan jajaran dari Pemprov Kalteng kali ini dalam rangka meninjau langsung Pasar Penyeimbang yang diselenggarakan Pemprov Kalteng di Kantor Samsat, Kecamatan Hanau.

Kunker Gubernur di Kabupaten Seruyan, merupakan rangkaian kunker Gubernur di wilayah Barat dimulai dengan Kabupaten Kotawaringin Barat, Kabupaten Lamandau, Kabupaten Sukamara, Kabupaten Seruyan dan Kabupaten Kotawaringin Timur untuk memastikan penyelenggaraan pasar penyeimbang ini berjalan baik, bertujuan untuk meningkatkan daya beli masyarakat dan menekan laju inflasi daerah, terlebih menjelang Hari Raya Idulfitri 1444 H.

Di sela-sela peninjauan, Gubernur H. Sugianto Sabran menyampaikan kegiatan Pasar Penyeimbang ini adalah upaya nyata Pemprov Kalteng untuk menjaga stabilitas harga barang kebutuhan pokok di pasaran dan mengendalikan laju inflasi daerah serta membantu masyarakat kurang mampu.

Orang nomor satu di Tambun Bungai tersebut menginstruksikan Kepala Daerah yakni Bupati/Wali Kota se-Kalteng mengalokasikan dana Bantuan Tidak Terduga (BTT) untuk membantu masyarakat kurang mampu. “Saya instruksikan kepada Bupati/Wali Kota se Kalimantan Tengah untuk menyiapkan dana BTT untuk membantu masyarakat yang mengalami kesulitan”, tegasnya.

Ia juga mengungkapkan, sebagai wujud kehadiran pemerintah, Pemprov Kalteng menyiapkan kurang lebih 200 ribu paket atau sekitar kurang lebih Rp.30 M yang digelontorkan untuk pengadaan pasar penyeimbang se- Kalimantan Tengah.

Atas perintah Gubernur Kalteng, Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Kalteng bersama jajaran dari Pemprov Kalteng rutin menggelar pasar penyeimbang setiap minggu di kabupaten/kota hingga sampai ke Kecamatan dan kelurahan/desa.

Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Prov. Kalteng Aster Bonawaty menambahkan jumlah paket sembako yang didistribusikan di pasar penyeimbang Kecamatan Hanau sebanyak 4.000 paket. Masing-masing paket tersebut berisikan beras 5 kilogram, gula 2 kilogram, minyak 2 liter dan susu kaleng 1 buah, dengan nilai per paket 150 ribu rupiah. “Paket sembako diberikan gratis kepada masyarakat. Paket sembako tersebut telah disubsidi Bapak Gubernur Kalimantan Tengah sebesar Rp. 150 ribu”, imbuhnya.


Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url