Kontingen Kecamatan Gunung Timang, Ikut Memeriahkan FBIMBT di Muara Teweh

BARITO UTARA, MKNews-Festival Budaya Iya Mulik Bengkang Turan (FBIMBT) dilaksanakan dalam rangka memeriahkan Hari jadi Kabupaten Barito Utara (Barut) yang ke 73 yang mana kegiatan ini dilaksanakan yaitu selama lima hari terhitung dari tanggal 07 sampai dengan 11 Juli 2023.

Berbagai macam perlombaan yang diadakan dalam Festival Budaya Iya Mulik Bengkang Turan (FBIMBT) tahun 2023 yang dapat diikuti oleh seluruh kalangan masyarakat Barito Utara (Barut) dan tak ketinggalan pula Kecamatan Gunung Timang turut serta mengirimkan kontingennya untuk memeriahkan Festival Budaya tersebut.

Camat Gunung Timang, Winardi, didampingi Kepala Desa Batu Raya I, Karta Raya saat diwawancarai beberapa awak media mengatakan, dalam rangka memeriahkan Hari jadi Kabupaten Barito Utara yang ke-73, kami dari Kecamatan Gunung Timang ikut mengirim kontingen untuk mengikuti Festival Budaya Iya Mulik Bengkang Turan (FBIMBT) di Muara Teweh," kata Winardi Sabtu 08/07/2023.

Winardi menyebutkan bahwa untuk peserta dari Kecamatan Gunung Timang yaitu seniman dan seniwati berjumlah 120 orang ditambah dukungan dari Unsur Tripika Kecamatan Gunung Timang, Kepala Desa dan perangkat Desa, Ketua BPD dan Anggota se Kecamatan Gunung Timang yang tergabung dalam rombongan berjumlah 280 orang.

"Adapun perlombaan yang diikuti semua cabang diantaranya Bagasing, Mangaruhi, Besei Kambe, Dayung, Manetek/meneweng kayu, sepak sawut, tari pedalaman, tari pesisir, Karungut, Dongkoy, Lagu daerah, Manyipet, Balogo, Mengenta, Malamang, dan serta Makanan sukup simpan.

"Dan untuk tahun ini lanjutnya kami berharap Kecamatan Gunung Timang bisa membawa Piala bergilir dan terbaik lah, setidak-tidaknya juara 2. Terima kasih juga untuk dukungan dari anggota DPRD Kabupaten Barito Utara dapil Gunung Timang. Sedangkan untuk transportasi dan operasional lainnya, anggaran dari Kabupaten setelah itu anggaran dari Desa,"pungkasnya. (Led)
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url