Kebakaran Hebat di Desa Luwe Hulu, Belasan Rumah Warga Ludes Terbakar

BARITO UTARA, MKNews-Kebakaran hebat yang terjadi di RT. 01 Desa Luwe Hulu, Kecamatan Lahei Barat, Kabupaten Barito Utara (Barut) menyebabkan belasan rumah warga ludes terbakar.

Diduga penyebab kebakaran tersebut akibat hubungan arus pendek listrik atau korsleting, sehingga api dengan cepat menjalar dan melalap belasan rumah warga yang terbuat dari bahan kayu, Senin 14/08/2023 siang.

Kapolsek Lahei AKP M Far'ul membenarkan peristiwa kebakaran hebat yang terjadi di RT. 01 Desa Luwe Hulu dan pihaknya menyelidiki di Tempat Kejadian Perkara (TKP), dan mendengarkan keterangan dari para saksi maupun dari pelapor bahwa dugaan sementara penyebab kebakaran tersebut akibat dari korsleting listrik.

"Api diduga berasal dari korsleting listrik di plafon rumah milik Sudiansyah. Diketahui pada saat terjadinya kebakaran hanya anaknya bernama Feriadi, yang tinggal di dalam rumah, dan tidak ada orang lain," kata M Far'ul.

Kemudian berdasarkan keterangan dari saksi dan pelapor Feriadi, awalnya api terlihat di plafon rumah milik orang tuanya, lalu ia berteriak kebakaran...kebakaran. Warga sekitar melihat  kobaran api membesar dan berusaha untuk memadamkan nya dibantu dengan mobil water tank dari beberapa perusahaan.

"Akan tetapi api tetap menyala dan menjalar sehingga menghanguskan 12 rumah dan 2 buah barak yang terbuat dari kayu beratapkan seng tersebut. Dari lokasi kebakaran, polisi mengamankan barang bukti berupa sepotong kayu yang terbakar dengan panjang 1 Meter dan seuntai kabel listrik serta terminal listrik yang terbakar," jelasnya.

Dan beruntung peristiwa kebakaran hebat ini tidak ada korban jiwa, namun untuk kerugian diperkirakan mencapai Miliaran rupiah,"ucap Kapolsek Lahei.

Kepala Desa Luwe Hulu, Arisandi juga membenarkan peristiwa kebakaran tersebut dan dugaan sementara api berasal dari hubungan arus pendek listrik di rumah milik Sudiansyah. Kebakaran terjadi sekitar pukul 07.30 WIB, kemudian selain rumah, beberapa unit sepeda motor dan warung juga ludes terbakar. Untuk kerugian ditafsir mencapai Miliaran rupiah," ucapnya. (Led)
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url