Kemendikbud Gelar Acara Sosialisasi Transisi PAUD – SD

Puruk Cahu, mediakaltengnews.com - Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Murung Raya, Ferdinand Wijaya, S.Pt., M.AP, saat diwawancarai setelah acara Pembukaan Sosialisasi Transisi PAUD – SD, yang berlangsung di GPU Tira Tangka Balang, Puruk Cahu, Rabu, (25/10/2023). 

Dalam kesempatan ini, Ferdinand Wijaya mengajak semua lapisan masyarakat untuk bersama-sama mendukung dan menjadikan sukses Gerakan Transisi PAUD – SD yang menyenangkan. 

Dia menjelaskan, transisi PAUD – SD adalah proses peralihan anak didik dari PAUD ke Sekolah Dasar (SD).

Pemerintah ingin mendorong pemahaman akan pentingnya membangun dasar pendidikan sejak usia dini (PAUD). Awalnya, terdapat fenomena dimana anak-anak langsung masuk kelas awal SD tanpa mengikuti pendidikan PAUD. 

Ferdinand Wijaya mengingatkan bahwa pendekatan seperti itu tidak memberikan kesempatan anak-anak untuk menikmati proses belajar yang menyenangkan dan tidak membekali mereka dengan dasar pendidikan yang diperlukan. 

Konsep mis-konsepsi bahwa hanya kemampuan membaca, menulis, dan berhitung yang penting perlu diubah. Esensi kemampuan dasar anak harus dibangun sejak PAUD, sehingga saat mereka bertransisi ke SD, mereka sudah memiliki bekal yang cukup. 

Kemampuan dasar mencakup literasi (keterampilan bahasa) dan numerasi (kemampuan matematika), dan ini perlu diajarkan dengan baik selama PAUD.

Komentar