Komitmen Kadisdik Mura Ferdinan Wijaya Sukseskan Program Pendidikan Guru

Puruk Cahu, mediakaltengnews.com - Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Murung Raya, Ferdinan Wijaya, S.Pt., M.AP, dengan tegas menyatakan komitmennya untuk memaksimalkan upaya demi kesuksesan Program Pendidikan Guru Penggerak (PGP) Angkatan 10 di daerah khusus Kabupaten Murung Raya. Pernyataan ini disampaikan dalam wawancara di ruang kerjanya. Jumat (28/09/2023). 

Menurut Ferdinan Wijaya, PGP itu memiliki peran penting dalam membentuk guru sebagai pemimpin pembelajaran. 

"Kami Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Murung Raya, akan berusaha maksimal untuk memastikan kelancaran seluruh tahapan program PGP yang dicanangkan Pemerintah Pusat melalui Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (KEMENDIKBUD-RISTEK) pada tahap seleksi Calon Guru Penggerak Angkatan 10 di Daerah Khusus Murung Raya ini,” tegas Kadisdik Mura itu.

Program Pendidikan Guru Penggerak dirancang Pemerintah sebagai upaya untuk meningkatkan kompetensi guru. 

Jelasnya, melalui PGP yang sudah terseleksi, diharapkan peran guru sebagai pemimpin pendidikan yang berfokus pada murid dapat mendorong perkembangan siswa secara holistik, aktif, dan proaktif. 

Lebih lanjut, Ferdinan Wijaya menyebutkan, keberadaan guru penggerak juga membuka ruang untuk diskusi dan kolaborasi yang positif di antara sesama guru dan pemangku kepentingan, baik dari dalam maupun luar dunia pendidikan, guna meningkatkan kualitas pembelajaran. 

Ferdinan Wijaya menekankan pentingnya peran guru penggerak tidak hanya terbatas pada siswa, tetapi juga sebagai sumber inspirasi bagi pendidik lainnya. Tujuannya adalah menjadikan tenaga pendidik sebagai panutan dan agen transformasi dalam perkembangan dan penyesuaian paradigma pendidikan dengan tuntutan perkembangan zaman.

Komentar