Pemkab Kapuas Gelar Pelatihan SDM Pokja Akselerasi SLRT-Puskesos

KUALA KAPUAS, MKNews  - Pemerintahan Kabupaten Kapuas melalui Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Kapuas menyelenggarakan pelatihan SDM Pokja akselerasi Sistem Layanan Rujukan Terpadu-Pusat Kesejahteraan Sosial (SLRT-Puskesos) tingkat Kecamatan Selat, Pulau Peta dan Mantangai, bertempat di Aula Rumah Jabatan Bupati Kapuas, Senin (4/12/2023).

Kegiatan yang diresmikan dan dibuka oleh Pj Bupati Kapuas Erlin Hardi, didampingi Pj Ketua TP-PKK Kabupaten Kapuas Ny. Agustina Erlin Hardi, dan dihadiri oleh Kepala Dinsos Kabupaten Kapuas Yanmarto beserta jajaran, para kepala OPD lingkup Pemda Kapuas terkait, para kepala UPTD Puskesmkas, korwil pendidikan, para Camat, Lurah beserta perangkat desa, serta para peserta dan tamu undangan lainnya.

Pj Bupati Kapuas dalam sambutannya mengatakan peningkatan kesejahteraan dan perlindungan sosial bagi penduduk miskin dan rentan miskin adalah salah satu prioritas nasional pemerintah. Hal ini juga merupakan sebuah bentuk upaya pemerintah dalam menanggulangi kemiskinan.
 
“Saat ini Pemerintah Daerah tentunya terus berupaya  memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat termasuk dalam penyelenggaran kesejahteraan sosial, dengan adanya sistem SLRT-Puskesos ini diharapkan dapat mengidentifikasi keluhan dan kebutuhan masyarakat terhadap berbagai layanan sosial dan dipantau penanganannya untuk memastikan penanganan keluhan dapat diselesaikan oleh pihak yang berwenang si setiap jenjang,” ucapnya

Lebih lanjut Erlin Hardi mengatakan pelaksanaan SLRT Puskesos di Kabupaten Kapuas sudah berjalan sejak tahun 2021, pelaksanaan Puskesos di desa dan kelurahan sudah mulai berjalan pada Kelurahan Selat Dalam, Kecamatan Selat dan Desa Saka Lagun, Kecamatan Pulau Petak.

"Hal ini dirasa belum optimal, sehingga harus dilakukan upaya untuk mengoptimalkan fungsinya sehingga sesuai dengan yang diharapkan. Saya juga meminta agar upaya ini nantinya dapat dilaksanakan dan dikembangkan ke seluruh wilayah kecamatan dan desa," harapnya.

Ditempat yang sama, Kepala Dinsos Kapuas, Yanmarto mengatakan dalam narasumber pada kegiatan ini berasal dari Balai Besar Pendidikan dan Pelatihan Kesejahteraan Sosial (BBPPKS) Banjarmasin, Jazak Akbar Hidayat. 

“Agenda pelatihan mulai dari paparan tentang tugas fungsi SDM pelaksana SLRT Puskesos, lalu paparan tentang tata kelola DTKS dan P3KE dan juga diisi diskusi dan tanya jawab," ucap Yanmarto.

Adapun peserta dari kegiatan ini berasal dari tiga kecamatan, yaitu Selat, Mantangai dan Pulau Petak yang terdiri dari perangkat daerah terkait, kepala puskesmas, UPTD PPA, koorwil pendidikan, camat, lurah, kepala desa, Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK), Pekerja Sosial Masyarakat (PSM) dan SDM. (Heri)

Komentar