Sebanyak 317 Jamaah Calon Haji Asal Kapuas Resmi Dilepas oleh Pj Bupati

KUALA KAPUAS, MKNews - Sebanyak 317 Jamaah calon haji dari Kabupaten Kapuas tahun 1445 Hijriah atau tahun 2024 yang terdiri dari tiga kloter yaitu kloter 3, 5 dan 6 resmi dilepas oleh Penjabat (Pj) Bupati Kapuas Erlin Hardi dengan disaksikan juga oleh unsur Forkopimda Kapuas, Sekretaris Daerah Kabupaten Kapuas Septedy dan sejumlah tokoh agama, di Hall Rumah Jabatan Bupati Kapuas, Senin (13/5/2024).

Pada kesempatan itu, Pj Bupati Kapuas Erlin Hardi mengucapkan selamat kepada seluruh Jamaah calon haji Kabupaten Kapuas yang telah mendapat panggilan untuk menunaikan ibadah haji tahun ini. dirinya pun berharap dengan pelepasan Jamaah Calon Haji Kabupaten Kapuas menjadi Haji yang Mabrur.

"Kami berpesan kepada bapak ibu agar terus menjaga Kesehatan disana karena memang seperti yang telah kita ketahui dari media TV bahwa kondisi disana cuacanya agak lumayan panas, tentunya ini juga tidak lepas dari pendamping-pendamping para Nakes untuk bisa selalu memperhatikan Jamaah haji kita,” ungkap Erlin.

Pj Bupati berharap agar para Jamaah calon haji ini dapat menyiapkan diri sebaik mungkin dalam melaksanakan ibadah haji, baik itu persiapan fisik maupun mental, disamping juga pemahaman tentang tata cara pelaksanaan kegiatan manasik haji yang telah dilaksanakan sebelumnya.

“Kita harapkan sejumlah 317 Jamaah Calon Haji bisa berangkat dengan selamat dan pulang sejumlah yang ada pula, tentunya ini juga menjadi perhatian kami dari Pemerintah Daerah Kabupaten Kapuas,” tuturnya.

Erlin Hardi menyatakan bahwa Pemerintah Kabupaten Kapuas bersama dengan Kementerian Agama Kapuas maupun instansi terkait akan terus berusaha meningkatkan pelayanan ibadah haji. Cara penyelenggaraan yang di atur oleh Pemerintah Indonesia maupun pemerintah Saudi sebagai tempat pelaksanaan ibadah haji agar berjalan tertib, aman dan lancar.

"Tentunya apa yang menjadi keperluan untuk para Jamaah haji, Pemkab selalu memperhatikan, apapun itu, tidak terbatas, Ketika Jamaah perlu maka Pemkab melalui para pendamping akan melakukannya secara maksimal melayani para Jamaah haji," ucap Erlin.

Sementara itu, Kepala Kemenag Kabupaten Kapuas H Hamidhan dalam laporannya menerangkan pemberangkatan Jamaah Calon Haji terbagi dalam tiga kelompok terbang (kloter). “Untuk keberangkatan JCH yang tergabung di Kloter 3 (tiga) dilaksanakan pada selasa, 14 Mei 2024 dengan titik kumpuldi Masjid Agung Al Mukarram Kuala Kapuas,” jelasnya.

Kemudian, keberangkatan Jamaah Calon Haji yang tergabung di Kloter 5 (lima) pada Kamis, 16 Mei 2024 titik kumpul juga ditempat yang sama seperti kloter sebelumnya (kllter 3) dan terakhir kloter 6 (enam) pada sabtu, 18 Mei 2024 juga titik kumpul bertempat di Masjid Agung Al Mukarram Kuala Kapuas.

“Jamaah Calon Haji diberangkatkan dari Kuala Kapuas menuju Embarkasi Haji Banjarmasin menggunakan Armada 6 Bus untuk kloter 3 diisi 169 Jamaah Calon Haji, 2 Bus untuk kloter 5 diisi 43 Jamaah Calon Haji dan 4 Bus untuk kloter 6 diisi 105 Jamaah Calon Haji,” pungkas H Hamidhan.

H Hamidhan memohon Kerjasama dari semua stakeholder terkait, baik itu dari Kemenag dan Pemerintah Kabupaten Kapuas dan lainnya untuk memastikan pemberangkatan Jamaah haji ini berjalan dengan baik dan lancar.(Heri)
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url