Pj.Bupati Resmikan Jembatan Pasar Senin Anjir Serapat KM 11

Kuala Kapuas,.MKNews - Jembatan Pasar Senin Anjir Serapat KM 11, Kecamatan Kapuas Timur, Kabupaten Kapuas yang sangat dinantikan masyarakat setempat kehadirannya, pada hari Senin (3/6/2024) siang, telah diresmikan oleh Pj Bupati Kapuas Erlin Hardi. 

Diharapkan, jembatan yang dibangun ini dapat membantu  mempermudah akses mobilitas warga dan dapat membantu meningkatkan  perekonomian masyarakat. 

Pj Bupati Kapuas dalam sambutannya, kepada masyarakat setempat dan pengguna jembatan, untuk dapat menjaga atau merawat jembatan tersebut dengan sebaik-baiknya. 

"Hari ini telah kita saksikan bersama peresmian jembatan pasar Senin desa Anjir Serapat Km 11. Diharapkan dapat membantu mempermudah akses warga sekitar," kata Erlin Hardi. 

Ia menambahkan, Pemerintah Daerah Kabupaten Kapuas akan terus memperhatikan daerah-daerah lainnya yang memerlukan akses untuk keperluan masyarakat. 

"Pemkab Kapuas akan terus memperhatikan daerah-daerah mana lagi akses jalan dan jembatan untuk keperluan masyarakat itu bisa terpenuhi," pungkas Pj Bupati Kapuas. 

Sementara itu Kepala Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang Perumahan dan Kawasan Pemukiman (PUPR-PKP) Kabupaten Kapuas, Yan Hendri Ale, menyampaikan pembangunan jembatan tersebut dilakukan melalui 3 tahapan, yakni tahap I dimulai Tahun Anggaran 2019 dengan dilaksanakannya  pengadaan dan pemancangan tiang pancang. 

Kemudian lanjutnya, tahap II pada Tahun Anggaran 2021 yakni lanjutan pekerjaan pengadaan dan pemancangan tiang pancang serta pekerjaan bangunan bawah yaitu Abutmen jembatan dan tahap III pada Tahun Anggaran 2023 pekerjaan bangunan atas yaitu rangka baja, lantai jembatan dan timbunan oprit jembatan.  

Yan Hendri Ale juga menjelaskan, jembatan ini memiliki Panjang 47 meter dengan lebar 5 meter yang merupakan jembatan dengan konstruksi Rangka Baja (Truss Bridge) dengan lantai jembatan s/ab Beton Bertulang dengan Kelas Jembatan C (Short Span). Konstruksi ini merupakan tipe standar yang dikembangkan dengan tujuan mempunyai Umur pemakaian yang lebih lama dibandingkan tipe jembatan baja girder. 

"Total anggaran untuk 3 (tiga) tahap pelaksanaan tersebut sebesar Sembilan Milyar Empat Ratus Juta Rupiah," kata Kadis PUPR-PKP Kabupaten Kapuas ini.(Heri)
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url