Dewan Mengapresiasi Gelar Festival Budaya Tira Tangka Balang

Puruk Cahu – https://www.mediakaltengnews.com. Anggota DPRD Kabupaten Murung Raya, Imanudin, S.Pd.I, mengapresiasi gelaran perlombaan festival budaya Tira Tangka Balang yang di selengarakan oleh Pemerintah melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Murung Raya di alun-alun kota Puruk Cahu.

Imanudin mengatakan, seni budaya daerah tradisional harus dilestarikan supaya tidak kehilangan jaman begitu saja, salah satu cara membudayakanya diadakan perlombaan seperti yang di selenggarakan oleh Dinas Pendidikan.

“Budaya daerah kita ini banyak, seperti yang di gelar itu, ada lomba karungut, lomba mangenta, lomba bagasing, lomba manyipet, dan lomba mangaruhi, lomba masakan tradisional kalteng, lomba vocal solo lagu daerah;

Selain itu, lomba lawang sakepeng, lomba malamang, lomba balogo, lomba maneweng, manetek tuntang manyila kayu dan lomba tari pedalaman,” katanya, Jumat 3 Mei 2024.

Politisi Partai Keadilan Sejahtera PKS berharap, budaya lokal itu memang harus diadakan setiap tahun untuk mengangkat budaya daerah, salah satunya dengan lomba supaya budayawan dan seniman daerah selalu ada.

“Kita mengapresiasi acara festival budaya Tira Tangka Balang itu. Harapan kita, tetap di pelihara dan lestarikan sehingga anak cucu sebagai generasi penerus nantinya tidak akan kehilangan jati diri untuk mempertunjukan berbagai kesenian yang ada di daerah,” terang Imanudin.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url