1.540 Personel Gabungan Siap Amankan Pesta Demokrasi 2019

Kalteng MKNews - Apel siaga Linmas dalam rangka gelar pasukan pengamanan Pileg dan Pilpres bersama TNI-Polri di Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) ini dihadiri oleh Kapolda Kalteng Irjen Pol Drs. Anang Revandoko, yang berlangsung di Pelabuhan Jalawat Sampit atau Pelindu III jalan A. Yani, Selasa (26/3/1019) pagi.

Apel diikuti 1.540 personel gabungan Polri-TNI, Satpol PP, Dishub, Linmas, Damkar, Petugas PLN, Security, Polhut, Petugas Kebersihan, KPU, Bawaslu, dan sejumlah ormas lainnya.

Apel yang dipimpin oleh Kapolres Kotim AKBP Muhammad Romel, di lanjutkan dengan acara simulasi sistem pengamanan kota (Sispamkota) atau pengamanan selama proses pemungutan dan perhitungan suara selama Pemilu 2019 yang diperagakan oleh Polri-TNI bersama instansi terkait dan masyarakat sekitar.

Kapolda Kalteng Irjen Pol Drs. Anang Revandoko, melalui Kabid Humas Kombes Pol Hendra Rochmawan, S.I.K., M.H, menyampaikan bahwa pemilu serentak tahun 2019 merupakan pesta demokrasi Indonesia yang akan menjadi tonggak sejarah kerena dilaksanakan secara serentak Pilpres dan Pileg.

"Simulasi ini merupakan bentuk kesiapan Polda Kalteng dan jajaran dalam menghadapi situasi yang terburuk sehingga potensi ancaman yang ada bisa diatasi karena personel Polri sudah terlatih, responsif dan tidak mudah dilumpuhkan dengan harapan situasi dapat aman terkendali oleh Kepolisian," beber Hendra.

Mantan Ka SPN Polda Kalteng ini juga menyampaikan bahwa selama tahapan Pemilu ini, banyak kerawanan seperti penyebaran berita bohong dan meningkatnya politik identitas disamping kerawanan lainnya. 

"Saya mengajak semua lapisan masyarakat agar tidak menyebarkan berita bohong yang disampaikan melalui medsos dengan tujuan politisi yaitu dipakai untuk menyingkirkan lawan politik sehingga menyebabkan demokrasi menjadi tidak sehat dan merusak kesatuan dan persatuan bangsa," tutup Hendra.(Red*)

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url