Petani Lada Desa Mampuak II, Kecamatan Teweh Timur Keluhkan Harga Lada Menurun

Muara Teweh, MKNews-Petani lada (sahang) di Desa Mampuak II, Kecamatan Teweh Timur, Kabupaten Barito Utara, keluhkan harga lada semakin menurun, dan memasuki musim Panen harga dari lada tidak sesuai dengan yang mereka harapkan.

Kepala Desa Mampuak II, Hariadi menyampaikan saat ini ada sekitar 35 persen dari warga Desanya bertanam lada termasuk dirinya, jumlah itu menurutnya menyusut dikarenkan harga lada terus menurun beberapa bulan belakangan ini," ujarnya Jumat 04/10/2019.

Dia mengaku awalnya harga lada di Desa mampuak II ini mencapai Rp 180.000,- perkilogram seingga banyak warga Desa yang bertanam lada, dan calo yang ngambil dari Desa Mampuak II langsung datang kerumah-rumah untuk membeli lada dari petani.

Kades berpendapat menurunnya harga lada yang sekarang hanya Rp 40.000,- perkilogram nya akan mempengaruhi jumlah petani lada yang ada di Desa Mampuak II ini berkurang, karena jumlah petani tergantung dari harga lada itu sendiri," ucap Hariadi.

Kalau harganya menjanjikan tentunya para petani semakin banyak bertanam lada." Kalau harganya membaik tentunya petani akan semakin giat, saya sebagai Kepala Desa berharap harga lada bisa kembali meninggkat lagi," jelasnya.

"Dia pun mengaku warganya sering berkeluh kesah dikarenakan harga lada turun, sedangkan pupuk untuk lada harganya cukup mahal. Dan harapannya, kepada pemerintah terkait agar bisa memberikan solusi terhadap turunnya harga lada ini. (Led)