Sambut Hari Juang Kartika, Kodim 1014 /Pbn Gelar Penghijauan


Pangkalan Bun -MKNews- Serangkaian kegiatan dalam rangka menyambut Hari Juang Kartika TA 2019, telah dilangsungkan Kodim 1014 / Pbn, diantaranya karya bakti, bakti sosial dan berbagai kegiatan lainnya.

Seperti pada Sabtu (23/11/2019), dilaksanakan kegiatan penghijauan penanaman pohon di daerah Rawa Kuno Desa Pasir Panjang Kecamatan Arut Selatan Kabupaten Kotawaringin Barat. Kegiatan ini terselenggara atas kerja sama Kodim 1014 / Pbn dan Orang utan Fondation Internasional (OFI) serta Instansi terkait lainnya.

Dalam kegiatan ini juga melibatkan sedikitnya 75 orang, antara lain Anggota Koramil 1014 - 01/ Arsel, 02/Kumai, 03/Kotawaringin Lama, 04/ Pangkut, yayasan Orangutan Federation Internasional (OFI), Damkar Kobar, Siswa SMP, serta Komunitas Aba Ambo Kobar.


Pada kesempatan tersebut, Pasi ter Kodim 1014 / Pbn Kapten Inf. Mulyono mengatakan, penghijauan ini  dilakukan dalam rangka memperingati Hari Juang Kartika dan bertepatan juga dengan peringatan Hari Pohon Sedunia Tahun 2019.

"Penghijauan ini bertujuan untuk mengembalikan hutan di daerah Rawa Kuno yang terbakar pada tahun 2015 silam. Selain itu, melalui penanaman pohon kembali, akan memperkuat daya ikat tanah dan memudahkan penyerapan air di saat musim penghujan serta menjaga kondisi alam agar tetap lestari," tandas Pasi ter .

"Melalui penghijauan ini juga dapat memperbaiki kualitas air tanah, mengurangi polusi udara dan pemanasan global (global warming) serta sejumlah manfaat lainnya. Untuk itu utamakan pemeliharaan dan perawatan tanaman agar bermanfaat bagi kita sekaligus menjaga kondisi alam dari bahaya bencana," ungkap Kapten Mulyono saat di lokasi kegiatan.

Ditambahkan Pasi ter, sejumlah 800 bibit pohon tanaman keras ditanam dalam aksi penghijauan di Rawa Kuno ini. "Untuk jenis bibit pohon yang ditanam yaitu Belangiran, Bungur serta beberapa jenis tanaman yang bisa tumbuh baik di daerah rawa  ," ungkapnya.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url