Ketua Kwarda Kalteng Yulistra Ivo Azhari Pimpin Rakerda Secara Online


Palangka Raya - MKNews-Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Kalimantan Tengah (Kalteng) menggelar Rapat Kerja Daerah (Rakerda) Tahun 2020 secara online, Selasa (19/5/2020).

Rakerda dihadiri oleh Ketua Kwartir Daerah (Kwarda) Gerakan Pramuka Kalteng Yulistra Ivo Azhari, Ketua Harian Ibnu Elmi AS Pelu, Pimpinan dan para andalan Kwartir Daerah Kalteng, para Pimpinan Kwartir Cabang Gerakan Pramuka se-Kalteng serta Ketua Dewan Kerja Daerah (DKD).
Rapat kerja Pramuka tersebut dengan mengambil,"Tema Peran serta Gerakan Pramuka Kalteng Dalam Penanggulangan Dampak Covid-19.".

Rakerda 2920 tersebut diikuti oleh Kwartir Cabang Gerakan Pramuka se-Kalteng

Dalam arahannya Ketua Kwarda Gerakan Pramuka Kalteng Yulistra Ivo Azhari mengajak seluruh jajaran Gerakan Pramuka proaktif dengan segala potensi yang dimiliki dan berperan serta pada upaya Pemerintah, Pemerintah Daerah Kalteng, maupun Kabupaten/ Kota dan komponen masyarakat lainnya dalam menanggulangi dampak pandemi Covid-19 yang sedang dihadapi.

Yulistra Ivo Azhari juga mengajak anggota Gerakan Pramuka agar berupaya taat, mematuhi ketentuan yang diberlakukan oleh Pemerintah serta melaksanakan protokol kesehatan dalam upaya menghentikan penyebaran pandemi Covid-19 beserta dampaknnya.

Dikesempatan tersebut, Ketua Kwarda Kalteng mengingatkan kembali bahwa beberapa bulan yang lalu, kwartir Nasional telah melaksanakan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) yang diselenggarkan pada tanggal 19-21 Februari 2020 di Cibubur, Jakarta sebelum Indonesia dinyatakan secara resmi mengalami wabah Covid-19.

"Hal ini berarti semua program kerja yang Kwarnas tahun 2021 bertolak dari kondisi yang normal", ucap Yulistra Ivo Azhari.

Adapun program Kwarnas tahun 2021, yang telah disepakati dalam Rakernas diantaranya penguatan kwartir, pengembangan Pusdiklat dan Puslitbang, penguatan kehumasan, pelaksanaan sentra perkemahan modern, manajemen aset Gerakan Pramuka yang lebih baik dan mandiri secara finansial, pramuka sebagai agen perubahan dengan pendidikan Sesosif (Spiritual, Emosional, Sosial, Intelektual, Fisik), pramuka yang kreatif dan Inovatif, pramuka berwirausaha, pramuka bermasyarakat dan pramuka berwawasan dan gerakan global.

Melalui forum Rakerda ini, Ketua Kwarda Kalteng menyampaikan arahannya dalam upaya melakukan sinkronisasi dan sinergitas program kerja Kwarda dengan program kerja Kwartir Cabang se-Kalteng mengenai program yang disepakati dalam rakernas, yakni pertama meningkatkan peran serta jajaran Gerakan Pramuka Kalteng dalam menanggulangi dampak pandemi Covid-19.

Kedua, mengaktifkan Satuan Tugas (Satgas) Pramuka Peduli di jajaran masing-masing.

Ketiga, mengoptimalkan peran Majelis Pembimbing (Mabi)

Keempat, meningkatkan kegiatan peserta didik yang kreatif dan inovatif.

Kelima, meningkatkan jumlah, kualitas pembina dan pelatih.

Keenam, memantapkan revitalisasi gugus depan.

Ketujuh, memantapkan kinerja kwartir.

Kedelapan, meningkatkan cita Gerakan Pramuka.

Kesembilan, meningkatkan sarana Bumi Perkemahan.

Terakhir, mengembangkan kamampuan pramuka berwirausaha. (Red*)