TNI, Satgas Huma dan Masyarakat Lamandau Padamkan Lahan Terbakar


Lamandau, MKNews- Kamis (20/8/20) - Kobaran si jago merah melahap lahan milik salah satu warga di Perumahan Bajurung, Jalana Sudiro, Kelurahan Nanga Bulik, Kecamatan Bulik, Kabupaten Lamandau. Personel Koramil Bulik, Kodim 1017/Lamandau dan Damkar langsung turun ke lokasi untuk menaklukan amukan si jago merah. 

Agar segera padam dan tidak semakin meluas. Dalam proses pemadaman kebakaran lahan ini melibatkan Babinsa, Satgas Huma orang dibantu dengan masyarakat dan menurunkan 2 unit mobil tangki serta 2 unit pick Plipo.

Lahan milik warga RT 01 Kelurahan bulik kurang lebih 5 hektar pada tengah hari telah terbakar dengan kobaran api yang cukup besar. Tiupan angin membuat hamparan lahan tersebut cepat dilalap si jago merah.

Dalam pelaksanaan pemadaman kobaran api melalap tumbuhan yang masih hidup maupun semak-semak yang cukup tinggi di atas lahan gambut Dengan  kultur Tanah rawa membuat sedikit kesulitan personel gabungan untuk melakukan pemadaman.

Namun tim gabungan yang sudah terlatih begitu sigap melakukan pemadaman dengan menyambung selang kurang lebih enam hingga tujuh selang ke titik api karena unit mobil tangki pemadam tidak bisa masuk ke lokasi titik Hot Spot dikarenakan  tidak adanya aspek jalan masuk Lokasi Hot Spot.

Danramil Bulik Lettu Inf Syafrudinnor saat memberikan keterangan mengatakan, kerjasama dan semangat yang tinggi kelompok Pemadam Damkar dengan anggota Koramil Bulik, kurang lebih satu jam kobaran api bisa dihambat hingga saat Ini masih dilakukan pemadaman di beberapa titik.

"Personel pemadam sudah berhasil melakukan penyekatan. Sampai saat ini TNI bersama Damkar dan Satgas Huma terus melakukan pemadaman dan memantau perkembangan titik api," katanya mengakhiri. (Pendam XII/Tpr)

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url