Musdesus Program BLT-DD Lanjutan Tahap-III Tahun 2020, Di Desa Liang Naga


Muara Teweh, MKNews-Pemerintah Desa (Pemdes) Liang Naga, Kecamatan Teweh Baru, Kabupaten Barito Utara menggelar Musyawarah Desa Khusus (Musdesus) Program Bantuan Langsung Tunai (BLT-DD) lanjutan tahap-III Tahun 2020, yang dilaksanakan di Aula Desa Setempat. Jumat 20/11/2020.

Musdesus dibuka oleh Camat Teweh Baru dalam hal ini, diwakili oleh Kasi PMD Jamroni, SE. Dan dihadiri Kades Liang Naga Mahmursidi beserta Perangkat, Babinkamtibmas dari Polsek  Teweh Tengah Tugino, TA.TTG P3MD, TA.PMD P3MD, Pendamping Desa Irawan, Ketua PKK, Ketua BPD Karmilo beserta anggota, Ketua RT, tokoh Agama, tokoh adat, dan tamu undangan lainnya.


Ketua BPD Desa Liang Naga, Karmilo menyampaikan berdasarkan hasil rapat kerja kami di Kecamatan Teweh Baru kemarin," Alhamdulillah kami dan desa juga menyimak apa yang disampaikan. Berdasarkan (PMK) 156 ke dua dan ketiga dan PMK 205 Tahun 2019 bahwa disitu disebutkan besaran dan kisaran BLT-DD bulan pertama  dan ke-tiga sebesar Rp.600 ribu. Sedangkan bulan ke-empat dan ke-sembilan yaitu Rp. 300 ribu per bulannya," kata Karmilo.

Dan berdasarkan hasil konfirmasi dan koordinasi kami bersama dengan kepala desa bahwa ada lampu hijau yang telah disampaikan kepala desa untuk dapat melanjutkan program bantuan langsung tunai dari Dana Desa (DD) ini. Sebagaimana yang disampaikan oleh narasumber yang kita dapatkan kemarin bahwa BLT-DD lanjutan ini antara wajib dan tidak wajib, wajib bagi Pemerintah Desa untuk menyalurkan sebatas anggaran yang tersedia dan tidak wajib bagi desa kalau anggarannya tidak mencukupi," jelasnya.

Kepala Desa Liang Naga, Mahmursidi mengatakan mengingat wabah virus Covid-19 ini masih belum berlalu, dan kita meminta kepada Allah SWT semoga wabah yang Corona ini cepat berakhir dari Negara kita khususnya dan Dunia umumnya. Sebagaimana yang disampaikan ketua BPD tadi dan kami mengadakan rapat koordinasi dengan pihak Kecamatan disitu saya mendapatkan pencerahan atau masukan bahwa kegiatan pemberdayaan ditiadakan mengingat lebih pentingnya kesehatan dari pada pemberdayaan masa seperti sekarang ini," ujarnya.

Saya sebagai Kepala Desa bersama ketua BPD berkesempatan membuat perubahan dalam  APBDes yakni beberapa item pemberdayaan kami pangkas untuk menjangkau dana tersebut. Karena Desa Liang Naga melihat dari gelombang pertama dan kedua dalam penyaluran BLT-DD dan peserta penerima manfaat BLT-DD ini sebanyak 113 orang dan setelah kami hitung dengan operator semua dari pemberdayaan itu bisa di anggarkan. Kepada Satgas Covid-19 agar memprifikasi data-data yang ada dan juga kepada kaur Kesos kami harapkan agar memantau warga kita yang mendapatkan bantuan tunai seperti Bansos, PKH yang sepanjang bulan ini kita tidak menerima lagi," tutup Mahmursidi. (Led)