DPRD Barito Utara Gelar Rapat Paripurna I Masa Sidang III Tahun Anggaran 2021


Muara Teweh, MKNews-DPRD Kabupaten Barito Utara menggelar Rapat Paripurna I Masa Sidang III Tahun 2020 dalam agenda Pengantar Pidato Bupati Barito Utara Dalam Rangka Penyampaian Nota Keuangan RAPBD Kabupaten Barito Utara Tahun Anggaran 2020 di ruang Rapat paripurna DPRD Barito Utara. Jumat 20/11/2020.

Rapat paripurna dipimpin oleh Ketua DPRD Barito Utara. Hj. Mery Rukaini. M. IP., di dampingi Wakil Ketua I DPRD Permana Setiawan, ST.,  yang di hadiri langsung oleh Wakil Bupati Barito Utara Sugianto Panala Putra, Asisten III, anggota DPRD, FKPD dan unsur Kepala Perangkat Daerah Kabupaten Barito Utara.


Bupati Barito Utara H. Nadalsyah yang di wakilkan Wakil Bupati Barito Utara Sugianto Panala Putra menyampaikan nota keuangan ini merupakan agenda tahunan sebagai manifestasi dari siklus anggaran yang memiliki nilai strategis bagi kelangsungan roda pemerintahan walaupun dalam kondisi pandemi virus corona- 19 saat ini.

Adapun dalam penyusunan rancangan APBD Kabupaten Barito Utara tahun anggaran 2021 mengacu kelima prioritas pembangunan daerah antara lain: 1). Infrastruktur dan energi; 2). Pendidikan dan kesehatan; 3). Peningkatan ekonomi masyarakat; 4). Sosial, budaya, pariwisata dan lingkungan hidup; 5). Reformasi birokrasi dan tata kelola pemerintahan yang baik.

Lebih lanjut, kebijakan umum APBD Kabupaten Barito Utara tahun anggaran 2021 yang telah disepakati, kita prioritaskan pembangunan daerah Kabupaten Barito Utara yang disesuaikan dengan Peraturan Menteri dalam Negeri Nomor 90 Tahun 2019 yaitu tentang klasifikasi, kodefikasi, dan nomenklatur dan serta perencanaan pembangunan dan keuangan daerah pada tahun anggaran 2021. 

Untuk percepatan pembangunan diberbagai bidang serta peningkatan ekonomi masyarakat dalam kondisi situasi yang terdampak akibat pandemi Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) secara berkeadilan menuju "Terwujudnya Masyarakat Barito Utara Yang Relegius, Mandiri dan Sejahtera, Melalui Percepatan Peningkatan Pembangunan Dibidang Sumber Daya Manusia, Infrastruktur dan Ekonomi Kerakyatan. (Led)