Anggota Perpedayak Pulang Pisau Siap Memberikan Dukungan Program - program pemerintah


https://www.mediakaltengnews.com -Pulang Pisau- Lebih dari 200 anggota sudah yang terkumpul dalam organisasi Perkumpulan Pemuda Dayak (Perpedayak) Dewan Pimpinan Daerah (DPD) kabupaten Pulang Pisau. 

Organisasi yang melekat dengan ciri has adat dan budaya dayak khususnya di Kalimantan Tengah (Kalteng)  ini selalu siap memberikan dukungan program - program pemerintah khususnya Pemerintah kabupaten pulang pisau. 

Dibalik itu semua, Pasukan yang dikenal dengan pasukan "Lawung Bahandang" (Ikat Kepala Berwarna Merah) atau Pasukan Merah (karena busananya berwarna merah), akan siap membantu bagi masyarakat yang tertindas  dan yang ditindas khususnya masyarakat dayak Kabupaten pulang pisau.

Hal itulah yang dikatakan Ketua DPD Perpedayak Kabupaten Pulang Pisau, Benny, saat media ini konfirmasikan di kantor sekretariat Perpedayak Kabupaten Pulang Pisau, (Pasar Patanak pulang pisau), Minggu (14/03/2021).

“Kita Sebagai warga dayak jangan jadi penonton ditanah dan dirumah sendiri,  namun jadilah sebagai tuan rumah”, ujarnya. 

Benny juga sampaikan,  bagi masyarakat dayak khususnya warga pulang pisau yang ingin bergabung dalam organisasi perpedayak,  silahkan menghubunginya secara langsung di kantor sekretariat.

Ditambahkan Benny,  beberapa Video - video yang beredar di media sosial baik di Facebook atau, youtube dan media lainnya terkait kegiatan - kegiatan pelatihan,  pengisian dan pembekalan bagi anggota Perpedayak seperti bersemedi, mandi pada air sungai dan atraksi - atraksi kebal dari senjata tajam (Mandau) merupakan untuk menjaga diri dari serangan jenis senjata tajam dan itu bukan untuk diperjual belikan.

“Itu tidak dipamerkan, kekebalan itu pula hanyalah ijin dari tuhan, namun dibalik itu semua pada intinya, hal itu merupakan ciri has warisan adat budaya nenek moyang (leluhur) asli suku dayak agar  dapat dilestarikan”, imbuhnya. (Penulis Drt)

Komentar