Kades Saka Lagun, Jalan Usaha Tani Beri Dampak Positif Dalam Perputaran Perokonomian Warga

Kapuas,MkNews- Jalan usaha tani yang sedang dikerjakan oleh Satgas TMMD, di Desa Saka Lagun, Kecamatan Pulau Petak, Kabupaten Kapuas, dibuka untuk mempermudah akses masyarakat untuk membawa hasil pertaniannya. Pembukaan jalan tersebut dilakukan oleh Satuan Tugas (Satgas) Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-110,  Kodim 1011/KLK. 

Jalan usaha tani ini sebelumnya merupakan jalan setapak mengelilingi hutan menuju lahan perkebunan masyarakat. Karena hanya bisa dilalui dengan berjalan kaki sehingga ketika membawa hasil panen  masyarakat harus mengeluarkan biaya angkut cukup tinggi . 

Untuk mempercepat progres pembangunan jalan sepanjang 1200 meter itu, pada Minggu (28/3/2021) satgas TMMD kembali melanjutkan pembangunan dengan melakukan pengecoran dan ada juga anggota lainya yang berbekal alat ukur, melakukan pengukuran dan lebar jalan yang terus dikerjakan.

Kades Saka Lagun, Zulkifli mengatakan, bahwa pembangunan  jalan merupakan bagian dari program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Ke-110 Kodim 1011/KLK. "Banyak pertimbangan yang sudah dilakukan antara TNI dan Pemerintah untuk membangun jalan tersebut," katanya.

"Sebenarnya, lokasi pertanian di desa Saka Lagun berpotensi, tetapi masyarakat yang memiliki lahan di lokasi tersebut enggan untuk menggarap akibat belum adanya akses jalan, sehingga petani kesulitan saat membawa hasil pertanian,”ungkapnya.

Ditambahkannya malalui program TMMD, pemerintah memberikan kepercayaan kepada pihak TNI untuk membangun jalan yang bisa menghubungkan antara Desa dan lahan pertanian. Pembangunan jalan di Lokasi tersebut dinilai menguntungkan masyarakat karena semenjak ada jalan maka warga akan semakin giat bertani, karena tidak ada lagi kendala membawa hasil tani, dengan jalan ini petani bisa membawa hasil dengan kenderaan roda tiga atau roda dua. . 

"kita berharap kedepannya setelah di bukanya jalan usaha tani ini bisa dilakukan peningkatan oleh pemerintahan Kabupaten sehingga jalan ini mampu menumbuhkan ekonomi baru bagi masyarakat Desa disini," ujarnya .
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url