Gubernur Kalteng Berharap BPKP Kalteng Bisa Berperan Sebagai “Auditor Sekaligus Partner” Pemprov

Gubernur H. Sugianto Sabran  mengharapkan, di bawah pimpinan Pejabat baru Bambang Ari Setiono diharapkan BPKP Kalteng bisa berperan sebagai “Auditor sekaligus Partner” Pemprov dalam mengawal penyelenggaraan keuangan Negara dan Daerah melalui pemantapan sistem pengendalian intern pemerintah (SPIP).

“Pemprov Kalimantan Tengah telah berhasil meraih opini WTP enam kali berturut-turut, dan berharap untuk LKPD tahun 2021 tidak boleh turun, maka pendampingan dan masukan dari BPKP sangat kami perlukan”, tutur H. Sugianto Sabran.

H. Sugianto Sabran juga menyampaikan harapan yang sama kepada penyelenggara Pemerintah Daerah di Kalteng agar meningkatkan kinerja dan akuntabilitas untuk mencapai prestasi bersama. Namun, dari itu semua yang lebih penting menurut orang nomor satu di Bumi Tambun Bungai ini adalah memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat dan mempercepat terwujudnya kesejahteraan masyarakat.

"Untuk itu, kepada semua komponen dan pemangku kepentingan, mari kita terus memantapkan koordinasi dan sinergitas, dimana Perwakilan BPKP Provinsi Kalimantan Tengah menjadi yang terdepan dalam mewujudkan kondisi tersebut, sehingga pada akhirnya, dengan optimalisasi fungsi pengawasan, kita akan mampu melaksanakan seluruh program pembangunan sesuai prinsip-prinsip Good Governance, sebagai salah satu syarat terwujudnya Kalimantan Tengah yang semakin Berkah", tegas H. Sugianto Sabran.

Pada kesempatan tersebut, H. Sugianto Sabranmemberikan apresiasi kepada perwakilan  BPKP Prov. Kalteng, yang selama ini telah berperan penting dalam membantu meningkatkan kinerja Pemprov. Kalteng maupun Pemerintah Kabupaten/Kota se-Kalteng, dalam pengelolaan keuangan daerah, antara lain dalam penyusunan APBD, penyusunan laporan keuangan, penataan aset daerah, serta penyajian laporan lainnya, seperti LKPJ dan LPPD.

“Demikian pula upaya preventif dan represif telah dilakukan, dalam rangka meningkatkan kualitas laporan keuangan, sebagai wujud tanggungjawab meningkatkan kredibilitas pemerintah dalam pengelolaan keuangan negara atau keuangan daerah secara transparan, akuntabel, dan auditabel”, tambahnya.

Diakhir sambutannya, kepada mantan Kepala Perwakilan BPKP Prov. Kalteng yang terdahulu Setia Pria Husada, Gubernur berharap agar bisa bertugas dengan baik di tempat yang baru dan mengucapkan terima kasih atas pengabdian dan kerjasamanya selama ini. Untuk Kepala Perwakilan BPKP Prov. Kalteng yang baru Bambang Ari Setiono, Gubernur menyampaikan selamat datang dan selamat bertugas.

Pelantikan dan Serah Terima Jabatan disaksikan oleh Wakil Ketua DPRD Kalteng H. Abdul Razak, Sekretaris Daerah Prov. Kalteng Fahrizal Fitri, Forkopimda serta Kepala Badan/Dinas/Instansi di Lingkungan Pemprov. Kalteng.

Komentar