PENTINGNYA DIGITAL LIBRARY DI SMP TUNAS AGRO SERUYAN

Oleh :Nopiar Rahman,S.Pd 
(Pustakawan Sekolah-The best librarian of the year 2018 province level)

Seruyan- MkNews-Perpustakaan  menurut Prof.Sulistyo Basuki adalah ruangan atau gedung yang digunakan untuk menyimpan buku atau terbitan lainnya yang biasanya disimpan menurut tata susunan tertentu yang digunakan pemustaka atau pembaca bukan untuk dijual.

Perpustakaan didirikan untuk menunjang pembelajaran demi tercapainya tujuan sekolah , Oleh karena itu Tri Septiyanto (F.Rahayuningsih,2007:6) fungsi perpustakaan sekolah mencakup sebagai berikut :

1.Sebagai sumber kegiatan belajar  mengajar.yanitu membantu progarm pendidikan dan pengajaran sesuai dengan tujuan yang terdapat dalam kurikulum.

2. Membantu siswa untuk memperjelas dan memperluas pengetahuannya pada setiap bidang studi.

3.Mengembangkan minat dan budaya membaca yang menuju kebiasaan belajar mandiri.

4.Membantu siswa untuk mencari mengembangkan bakat, minat , dan kegemaranya.

5. Membiasakan siswa untuk mencari informasi diperpustakaan.

6.Merupakan tempat untuk mendapatkan bahan rekreasi sehat melalui buku –buku bacaan yang sesuai dengan umur dan tingkat kecerdasan siswa

7.Memperluas kesempatan untuk belajar  bagi para siswa

Berlaitan dengan hal tersebut, kiranya sudah menjadi tuntutan bahwa perpustakaan sekolah , mau tidak mau harus menyediakan sumber informasi antara lain dengan menyelenggarakan pelayanan sumber informasi elektronik .

Sekarang sudah saatnya perpustakaan menunjukkan eksistensinya antara lain dengan mengelola sumber –sumber digital (digital resources), berupa layanan e-book dan e-journal. Ebook menurut pakar ilmu perpustakaan Indoneasi Lasa HS (2005:121) meruapakan bentuk pelayanan informasi digital   dengan cara mengakses melalui komputer atau internet  ke sumber tertentu. Dengan kata kunci tertentu pemakai atau user dapat membuka web tertentu dan membaca sejumlah judul buku dari halaman satu ke halaman berikutnya .

 Perpustakaan sekolah sebagai pengelola informasi harus berkembang sesuai dengan kemajuan teknologi informasi di  perpustakaan ini mempermudah pengolahan bahan pustaka dan mempercepat dalam temu kembali koleksi yang tersimpan  di perpustakaan.

Perkembangan mutakhir adalah munculnya perpustakaan digital (digital libarary) atau E-Library yang memiliki keunggulan dalam kecepatan pengaksesan karena berorientasi ke data digital dan jaringan komputer (internet)

Otomasi Perpustakaan  dapat diharapkan dapat membantu pustakawan dalam menyelesaikan kegiatan administrastifnya  sehingga kegiatan pepustakaan menjadi lebih mudah dalam pengelolaan sehingga dapat memberikan layanan  yang cepat dan tepat pemustaka  atau pengunjung perpustakaan.

 Hadirnya  e-library di  SMP Tunas Agro menjadi salah satu jawaban mengusir kegelisahan seiring dengan pembelajaran  daring  yang masih berjalan.  Sejak tahun 2020 Perpustakaan Cendekia telah menggunakan aplikasi perpustakaan SLIMS (Senayan Library Managemet System) dan di tahun 2021 ditingkatkan lagi mutunya dengan Website dan E-library, selain itu bergabung dengan salah satu vendor penerbit buku di Playstore dan Appstore ,  ini bukti nyata ikhtiar kami dalam memberikan layanan pendidikan terbaik dalam wadah sekolah hebat.

 

akses laman :Website : http://libsmptunasagro.my.id android E-Library SMP Tunas Agro

Email: perpustakaansmptunasagro@gmail.com

Playstore & Apstore: Ganeca Digital (Perpustakaan Cendeki


Komentar