Zainudin, Tahun 2023 Kembangkan Sektor Pertanian Sebagai Ketahanan Pangan

Barito Utara, MKNews-Pemerintah Desa (Pemdes) Bintang Ninggi 1, Kecamatan Teweh Selatan, Kabupaten Barito Utara Tahun 2023 menggagas program pemberdayaan masyarakat desa demi memantapkan sektor ketahanan pangan untuk menekan inflasi.

Kepala Desa (Kades) Bintang Ninggi 1, Zainudin mengatakan sebagai Gerakan Ketahanan Pangan di Desa, Pemerintah Desa pada tahun 2023 nanti akan merencanakan mengembangkan sektor pertanian di desa. Program unggulan ini merupakan upaya untuk mewujudkan sumber ketahanan pangan dengan memanfaatkan lahan kosong," ujarnya Rabu, 02/11/2023.

"Adapun sektor Pertanian ini menjadi program unggulan setelah dirinya mengikuti Studi banding ke Bandung, dan melihat usaha di bidang pertanian seperti budidaya ikan di sawah yang dilakukan secara bersamaan dengan tanaman padi pada areal yang sama atau disebut (Minapadi) sehingga ia tertarik dan ingin menerapkannya di Desa Bintang Ninggi 1.

"Di Cirebon tanaman tumpang sari dapat membantu meningkatkan pendapatan masyarakat, karena petani mendapat hasil padi sebelum tanaman pokok menghasilkan. Oleh karena itu bertekad nantinya akan menerapkan hal yang sama, karena saat ini Desa Bintang Ninggi 1 mempunyai lahan seluas 50 Ha yang masih belum dikelola untuk dikembangkan melalui pemberdayaan masyarakat untuk menjamin ketersediaan pangan bagi masyarakat sekitar, serta untuk peningkatan potensi ekonomi di Desa Bintang Ninggi 1," ungkapnya.

Insya Allah pada tahun 2023 nanti kita rencanakan pengembangan pertanian padi dan Budidaya ikan yang nantinya dianggarkan dari Dana Desa (DD) demi meningkatkan perekonomian warga masyarakat. Dan untuk selanjutnya kami Pemerintah Desa (Pemdes) akan mengandeng warga masyarakat dalam pelaksanaan di lapangan demi keberhasilan," pungkasnya. (Led)
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url