Edi Fran Aji Anggota DPRD Barut, Resmikan Balai Adat Susun Ransep Desa Ipu

Barito Utara, MKNews-Anggota DPRD Kabupaten Barito Utara (Barut) Edi Fran Aji beserta Istri, Sabtu 25/02/2023 meresmikan balai adat Susun Ransep Desa Ipu, Kecamatan Lahei, Kabupaten Barito Utara. Diketahui, balai Adat yang diresmikan tersebut dari dana aspirasi tahun 2022 miliknya.

Dengan telah diresmikannya balai adat Susun Ransep Desa Ipu ini, supaya kedepannya bisa difungsikan dan sebagai mana mestinya menyangkut dengan adat istiadat, karena merupakan ciri khas kita sebagai orang Dayak," ujarnya.

Lebih lanjut dikatakan, balai adat yang sudah dibangun dan diresmikan pada hari ini, nantinya bisa dipergunakan oleh warga masyarakat desa Ipu untuk kegiatan khususnya yang berkaitan dengan adat misalnya rapat adat, upacara adat akan tetapi diluar kegiatan keagamaan.

"Jadi dengan adanya balai adat, adat istiadat harus dipertahankan karena merupakan warisan dari nenek moyang kita turun temurun supaya jangan hilang di pengaruhi oleh budaya-budaya dari luar. Dan sebagai orang Dayak kita harus bersyukur, menghargai dan melestarikan peninggalan dari nenek moyang yang diwariskan kepada kita.

"Adat istiadat merupakan tatanan kehidupan masyarakat tidak semua permasalahan harus diselesaikan oleh hukum positif, akan tetapi bisa diselesaikan secara adat. Menurut dia, karena hal itu penting karena bisa membantu pemerintah dalam hal menyelesaikan persoalan," kata legislator dari partai Nasional Demokrasi (Nasdem) ini.

Selanjutnya Edi Fran Aji berharap agar masyarakat desa Ipu bisa mempergunakan balai adat tersebut semaksimal mungkin apapun persoalan yang menyangkut urusan adat bisa mempergunakan balai adat. Jangan nanti kalau ada acara adat mempergunakan balai desa atau balai basarah karena sudah ada tempatnya yaitu balai adat tempat untuk membahas segala persoalan adat," pungkasnya. (Led)
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url