Untuk Keberlangsungan Bangsa, Jangan Salah Memilih Pemimpin

Catatan Dr. Suriyanto PD, SH, MH, M.Kn *)

Jakarta-MKNews-Keberhasilan sebuah negara, dalam mencapai tujuan nasionalnya sangat ditentukan oleh bagaimana para pemimpinnya di berbagai tingkatan menjalankan kepemimpinannya.

Seorang pemimpin tentunya harus memiliki komitmen dan integritas yang kuat yang didasarkan pada landasan Nilai-Nilai keluhuran budi dan teguh pada keyakinannya untuk mencapai sebuah sebuah tujuan mulia.  Pemimpin sejati juga harus memiliki Prinsip-prinsip kebaikan dan kebenarannya yang telah diyakininya, sehingga ia tidak mudah goyah untuk terus melangkah didalam menghadapi tantangan dan rintangan.

Calon Pemimpin Indonesia  ke depan harus dipersiapkan untuk mengawaki proses pembangunan di Indonesia di segala lini untuk menuju Indonesia yang adil, makmur dan sentosa. Pemimpin Indonesia juga harus terus memiliki jati diri yang dilandasi Pancasila dan UUD 1945, mereka mengemban amanah untuk menjaga keutuhan NKRI sebagai harga mati yang tidak dapat ditawar-tawar lagi.  

Pemimpin Indonesia juga harus dapat terus menjaga dan melestarikan  Pancasila dan UUD 1945, karena Pancasila dan UUD 1945  mengandung amanah dan nilai-nilai mulia khas bangsa Indonesia yang merupakan pondasi utama tetap utuh tegaknya NKRI kita tercinta
Indonesia sebagai negara yang berpenduduk ratusan juta jiwa tentunya juga memiliki segudang problematika di dalam memajukan kehidupan masyarakatnya. Sebagai Negara berkembang Indonesia memiliki banyak potensi di berbagai bidang dari mulai sumber daya laut, sumber daya alam dan sumber kekayaan lainnya. 

Untuk dapat menjadi sebuah negara yang maju dan memiliki kekuatan daya saing dari negara lain tentunya indonesia sangat membutuhkan seorang pemimpin yang lebih handal memiliki kemampuan di semua bidang serta dapat melanjutkan program kerja pemimpin sebelumnya. 

Seorang pemimpin hebat tersebut dapat kita lihat dari cara seorang calon pemimpin memimpin keluarganya serta dapat kita lihat garis keturunannya yang jelas sebagai calon pemimpin masa depan Indonesia menjadi Bangsa yang maju, tidak hanya dengungan atau suara saja isapan jempol belaka. 

Seseorang yang lahir dari keluarga yang unggul karakternya, akan membawa genetik unggul dalam dirinya. Modal dasar yang dapat dilihat, adalah kebaikan karakter keluarganya. DNA dalam diri seseorang diwarisi dari genetik leluhurnya. Leluhur yang unggul karakternya menurunkan sifat genetik bawaan unggul kepada generasi penerusnya.

Kepemimpinan Nasional di tengah percaturan internasional, pada saat ini sangat penting kita cermati bersama di tengah-tengah suasana persaingan global yang makin meruncing. Pemilihan pemimpin Nasional yang memiliki kepemimpinan nasional yang tepat terasa sangat penting, agar Indonesia bisa menempati posisi terhormat di dunia Internasional. Perubahan sosial politik dan budaya ini menghasilkan pergeseran tatanan yang sebelumnya dianggap mapan, karena telah mengalami proses reformasi.

Pemimpin bangsa sebagai pemimpin tertinggi harus memiliki tatapan mata jauh ke depan, memikirkan masa depan bangsa agar bangsa ini tidak hancur tertelan lajunya zaman. Sebagaimana pada sejarah yang lalu, banyak bangsa yang hancur dan hilang musnah. Maka pemimpin harus memikirkan sebuah kelangsungan bangsa dan kelanggengan bangsa dengan sebuah ide membangun karakter bangsa, seperti gagasan pemimpin bangsa sekaligus sebagai pendiri bangsa dan negara (the faunding father) dengan pernyataan yang dikenal nation and caracter building.

Menyambut pemilu 2024 yang mana Indonesia memasuki era bonus demografi pada tingkat pemilih muda milenial dan Gen Z mencapai 56 persen dari DPT yang ada hal ini hendaknya para pemilih ini dapat lebih cermat dalam menentukan siapa Presiden Indonesia di tahun 2024.

Pemilu 2024 sangat di dominasi oleh peran digital dan hendaknya lewat dunia digital para pemilih muda milenial dan Gen Z dapat mencermati dan mempelajari rekam jejak Capres di pemilu 2024 dari mulai bagai mana keadaan keluarga capres yang akan kita pilih, siapa istri dan anaknya bagai mana kehidupan rumah tangganya siapa leluhur mereka hal ini sangat pundamental untuk dipelajar secara cermat agar kita tidak salah pilih memilih Pemimpin Bangsa Indonesia yang besar ini. 
Jangan pilih pemimpin yang hanya karena menabur uang dan membuat pencitraan serta tidak jelas asal usulnya, mari cermat dan cerdas menentukan Pemimpin Masa depan indonesia untuk menyambut Indonesia Emas 2045.
*) Pakar Hukum, Dosen Perguruan Tinggi di Jakarta
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url