Ini Penjelasan Kepala Bidang Bina Marga Mengklarifikasi Atas Pemberitaan Salah Satu Media Online Penyebab Rusaknya Jalan Bajuh di Kecamatan Kapuas Tengah

Kuala Kapuas, MKNews - Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang, Perumahan dan Kawasan Permukiman (PUPR-PKP) Kabupaten Kapuas, Teras mengklarifikasi atas pemberitaan salah satu media online yang memberitakan penyebab rusaknya jalan bajuh kecamatan Kapuas Tengah.

Melalui Kabid BM PUPR-PKP Kabupaten Kapuas Jonnie,S.T,. M.M saat ditemui awak media diruang kerjanya Rabu (25/10/23), mengatakan Ia membenarkan memang ada dibeberapa titik jalan tersebut mengalami kerusakan. Tetapi itu karena faktor alam, dan ditambah ada kegiatan seseorang sedang mendulang emas secara tradisional didekat lokasi jalan, sehingga jalan tersebut menjadi rusak.

Jonnie mengatakan faktor utama rusaknya jalan diwilayah tersebut bukan karena usia perbaikan seumur jagung, tetapi dikarenakan adanya aktivitas tambang. Itu bisa dilihat di foto, bagian bawah jalan kosong, kami tidak mau menyalahkan mereka, karena mereka bekerja, kita sudah berbicara urusan perut, apalagi disana jalur air," Kata Jonnie.

Dirinya menjelaskan, terdapat jarak yang tidak diperbolehkan kepada masyarakat untuk melakukan kegiatan di sekitar ruas jalan. 

Di jalan sepanjang 20 meter, disenpanjang jalan tersebut tidak boleh ada kegiatan apapun, apalagi sampai mengambil material, sepanjang jalan 20 meter itu tidak boleh di otak atik. Terkait itu juga kami telah menurunkan Tim kelapangan guna memperbaiki jalan yang Rusak," terangnya.

Lanjutnya, jika tetap dilakukan kegiatan dengan mengambil sedikit material di ruas jalan, hal itu bisa menyebabkan perubahan pada struktur jalan.

Jalan sudah di buat sedemikian rupa, sedikit saja terambil disini, nanti jadi rendah di bagian ini, akan ada airnya dan terus menerus seperti itu, membuat bolong," beber jonnie.

Dirinya mengimbau kepada masyarakat untuk saling menjaga dengan tidak melakukan kegiatan di sekitar ruas jalan yang bisa mengakibatkan kerusakan.

Dan kami juga tidak bisa memantau dilapangan selama 24 jam, saya imbau kepada  masyarakat supaya sama-sama menjaga dan juga aparatur desa setempat Supaya bisa saling memperingati agar tidak melakukan kegiatan di ruas milik jalan," Demikian jelas Jonnie selaku Kabid Bina Marga yang biasa disapa. (Heri)
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url