Camat Seruyan Hilir Minta PT-BIS Selesaikan Lahan Masyaraakat

.       FOTO:Camat Seruyan hilir, Oon Hariyanto

Kuala Pembuang -MKNews -
PT.Borneo Ikhsan Sejahtera (PT. BIS) melakukan koordinasi membahas lahan masyarakat yang masuk dalam ijin konsesi PT. BIS,kegiatan ini Bertempat di aula pemerintah Desa Pematang Limau Kecamatan Seruyan Hilir Kabupaten Seruyan.

Turut hadir dalam kegiatan agenda ini,pemerintah daerah melalui kabag Ortal pemda Seruyan, Camat Seruyan Hilir, Kapolsek Seruyan hilir, pihak PT. BIS, tim pembebasan lahan dan masyarakat yang memiliki lahan,serta tamu undangan lain nya,Senin 27/11/2023

Dalam agenda ini bertujuan untuk membahas lahan masyarkat yang masuk di dalam ijin konsesi PT. BIS. serta masyarakat meminta kepada pihak perusahaan agar segera menyelesaikan ganti rugi tanam tumbuh maupun penyelesaian tali asih kepada pihak masyarakat pemilik lahan tersebut. 

Camat Seruyan hilir, Oon Hariyanto menyampaikan kepada masyarakat yang turut hadir dalam permasalahan ini, bahwa sudah beberapa kali pihaknya memberitahukan kepada pihak perusahaan, agar supaya lahan yang dimiliki masyarkat yang belum diselesaikan tali asih nya kepada masyarakat,agar jangan sampai dikerjakan dulu oleh pihak perusahaan,namun pihak perusahan tetap saja mengerjakan nya.

"maka dari itulah saya mengingatkan pihak perusahaan agar jangan dilakukan kegiatan dulu, harapan saya agar tidak terjadinya hal yang tidak di inginkan". Bebernya. 

Selain itu,Oon Hariyanto selaku camat Seruyan Hilir meminta kepada pihak perusahaan agar secepatnya dalam menyelesaikan lahan milik masyarakat. dan pihak kecamatan Seruyan hilir sudah membentuk Tim teknis verifikasi  yang melibatkan PEMDA Seruyan, Kecamatan Seruyan Hilir, Polsek Seruyan Hilir dan Pemerintah Desa Pematang Limau,agar permaslahan ini cepat terselesaikan,jelasnya.

"Syahroni selaku Kepala Desa Pematang Limau menegaskan, untuk masyarakat yang mengakui atau yang memiliki lahan tersebut,harus memiliki bukti disertai dengan fakta yang ada di lapangan. agar tim verifikasi lahan yang sudah di tunjuk untuk menyelesaikan lahan masyarakat itu, bahwa lahan tersebut memang benar,dan lahan masyarakat yang di akui.ujarnya

Syahroni juga meminta kepada tim verifikasi lahan agar segera menetapkan dan menyampaikan kepada masyarakat pemilik lahan agar di tentukan kapan berakhirnya untuk pengumpulan berkas pengajuan, agar dilakukan secepatnya pengecekan lahan yang sudah di ajukan. supaya pemilik atau pengklaim lahan mendapat kejelasan" tegasnya. 

Supiansyah selaku ketua tim teknis verifikasi lahan yang di tunjuk pemerintah kecamatan Seruyan hilir, mengatakan untuk lahan yang masuk dalam ijin konsesi perusahaan agar masyarakat yang merasa memiliki lahan agar segera mengajukan kepada tim verifikasi lahan karena terakhir penerimaan berkas di tetapkan tanggal 4 Desember 2023, nanti,jelasnya.

Kapolsek Seruyan hilir melaluli kepala unit intelkam Polsek seruyan Hilir Robby sutanto, menghimbau kepada masyaratkat yang hadir dalam pembahasan lahan yang masuk dalam ijin konsesi perusahaan tersebut, agar bisa menahan diri,agar tidak melakukan aksi apapun,supaya tidak menimbulkan terjadi konflik dilapangan. 

mengingat dalam waktu dekat kita akan melakukan pesta demokrasi, jadi kita harus menjaga keamanan bersama agar pesta demokrasi tersebut berjalan dengan aman, damai dan situasi kondusif, ingatnya. 

"Roby menambahkan kepada pihak perusahaan Borneo ikhsan sejahtera melalui tim verifikasi yang di tunjuk oleh kecamatan Seruyan hilir, agar lebih teliti lagi,dalam memverifikasi lahan masyarakat tersebut. 

agar tidak terjadi permasalahan, mengingat dari pihak perusahaan yang sebelum nya,tidak transparan dalam melakukan tindakan penyelesaian.karena banyak nya dari pemilik lahan yang merasa dirugikan dikerenakan kurang telitinya dalam memverifikasi lahan masyarakat, tegasnya. 

Gabriel selaku perwakilan dari perusahaan Borneo ikhsan sejahtera, menjelaskan diadakannya sosialisasi kepada masyarakat ini, agar tidak terjadi lagi pengakuan dari masyarakat atas lahan yang masuk dalam ijin konsesi perusahaan Borneo insan sejahtera. 

karena selama ini pengakuan dari pihak masyarakat yang mengklaim bertambah terus jumlah kepemilikan lahan di areal tersebut, jelasnya

"Gabriel menyebutkan kami dari pihak menagemen perusahaan,terkait dalam permasyalahan ini,memerintahkan kepada tim verifikasi yang sudah ditunjuk,agar lebih teliti memverifikasi klaim lahan masyarakat. sehingga benar-benar tersalurkan kepada pemilik lahan yang sebenarnya, sebutnya ( gan/MKNews )

Komentar