Diseminasi Kebijakan Pelatihan PBJ Pemerintah Kabupaten Murung Raya 2023


Puruk Cahu, mediakaltengnews.com - Pengadaan Barang dan Jasa (PBJ) Pemerintah Kabupaten Murung Raya, gelar kegiatan Sosialisasi, Konsolidasi terkait Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah pada Selasa pagi 3 Oktober 2023 hingga hari Kamis 5 Oktober 2023. Kegiatan yang dilaksanakan selama tiga hari tersebut diisi oleh pemateri dari Badan Pengadaan Barang dan Jasa pusat dan Icon Training Centre. Kegiatan pelatihan ini bertujuan untuk menguatkan penyelenggaraan Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah Kabupaten Murung Raya.

Hadir dalam kegiatan yang digelar di Gedung Pertemuan Umum Tira Tangka Balang Puruk Cahu, adalah Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Setda Mura Fery Hardi, Anggota DPRD, Kepala Bagian PBJ Murung Raya Bri Indah, Nara Sumber BPBJ Pusat dan Icon Training Centre, Sejumlah Camat, di Kabupaten Murung Raya, peserta pelatihan dan tamu undangan lainnya.

Usai sambutannya, Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Setda Mura Fery Hardi resmi membuka kegiatan sosialisasi, konsolidasi PBJ Mura tahun 2023. Selasa, (03/10/2023).

Desiminasi dalam rangka konsolidasi Perpres No. 16 Tahun 2018 Tentang Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah dan Perubahan Pertama Perpres No. 12 Tahun 2021. Pengelolaan pengadaan yang profesional menentukan tercapainya tujuan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah di Murung Raya. Hasil BPBJ yang dituju dengan tujuan PBJ bagaimana caranya supaya tujuan itu tercapai. Tujuannya yang diharapkan adalah adalah untuk meningkatkan B/J yang tepat, PPDN, peran UMKK, peran pelaku usaha nasional, peran industri kreatif, PBJ berkelanjutan, mendukung penelitian dan pemanfaatan B/J hasilnya serta mewujudkan pemerataan ekonomi dan perluasan usaha.

Identifikasi PBJ memperhatikan, prinsip efisiensi dan efektif, aspek berkelanjutan, prioritas, barang/jasa pada E-Catalog, barang/jasa yang sudah ada dan dimiliki. Strategi pengadaan memperhatikan tinggi rendahnya resiko keuangan terhadap produk pengungkit, produk strategis, produk rutin dan produk hambatan serta resiko pemasok.

“Manfaat spesifikasi teknis adalah, digunakan untuk menguji barang/jasa dalam memenuhi kebutuhan pengguna dan mendorong penyedia memberikan solusi alternatifndan inovatif yang dapat menawarkan value for money yang baik. Serta meningkatkan kompetensi dalam proses penyedia dan berfungsi sebagai medio komunikasi perbandingan. Hal dilakukan untuk menghindari resiko kesalahan dalam penyusunan spesifikasi”, urai nara sumber dari Icon TC.

Komentar