UPT. Puskesmas Sikui Laksanakan Lokakarya Mini Lintas Sektor di Kecamatan Teweh Baru

BARITO UTARA, MKNews-Dalam rangka penguatan program kerja dan sebagai bentuk upaya pemantauan kegiatan sesuai dengan perencanaan, UPT. Puskesmas Sikui di wilayah kerja Kecamatan Teweh Baru, Kabupaten Barito Utara melaksanakan kegiatan Lokakarya Mini (Lokmin) Lintas Sektor. Bertempat di aula Kecamatan Teweh Baru, Selasa 21/11/2023.

Kegiatan yang dibuka oleh Camat Teweh Baru tersebut dihadiri Sekretaris Dinas Kesehatan Ruyanto, S.Sos, Camat Teweh Baru H. Joni, S.Pi.,M.IP., Kepala UPT Puskesmas Sikui Sony Istarony, S.Kep.Ns., beserta jajarannya, Kepala Desa (Kades) Se-Kecamatan Teweh Baru, dan undangan lainnya.

Sekretaris Dinas (Sekdis) Kesehatan Kabupaten Barito Utara Ruyanto, S.Sos., menyampaikan bahwa kegiatan lintas sektor ini berkaitan dengan stakeholder wilayah Puskesmas Kecamatan Teweh Baru yang diadakan setiap triwulan 1, 2, dan 3 ini menjadi agenda kegiatan Puskesmas yang tiap tahun dilaksanakan. Tujuannya untuk mengidentifikasi hasil-hasil capaian kerja yang ada di tingkat Pustu dan Puskesmas itu salah satunya.

"Penanganan yang sudah diberikan oleh Dinas Kesehatan Barito Utara (Barut) itu dilaksanakan Puskesmas seperti program prioritas. Dan program-program tersebut sudah dilaksanakan sesuai petunjuk dari Kemenkes dan salah satunya mengenai stunting yang saat ini menjadi program prioritas, tentunya ini menjadi PR kita bersama seperti yang dilakukan pemerintah daerah saat itu H. Nadalsyah yang sekarang dilanjutkan oleh Pj. Bupati Barito Utara Drs. Muhlis.

"Program tersebut salah satunya yaitu menuntaskan masalah stunting yang ada di Kabupaten Barito Utara (Barut), dan Alhamdulillah kasus stunting di daerah kita ini relatif kecil nomor urut 5 tingkat Kabupaten jika dilihat dari datanya itu 19,6 persen dan sangat membanggakan kita. Diketahui Pemerintah Barito Utara saat ini sudah melaksanakan kegiatan program prioritas yaitu stunting," kata Ruyanto.

Kepala UPT Puskesmas Sikui Sony Istarony, S.Kep.Ns mengucapkan terima kasih atas dukungan lintas sektor terutama Camat Teweh Baru, Kepala Desa dan Lurah untuk menguatkan pelayanan kesehatan di wilayah Kecamatan Teweh Baru.

"Jadi agenda kita dalam per 3 bulan ini bisa kita laksanakan, untuk mengevaluasi dan menindaklanjuti apa-apa yang menjadi kendala didalam bidang kesehatan terutama untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat di wilayah Kecamatan Teweh Baru khususnya dan masyarakat Kabupaten Barito Utara pada umumnya," ucap Sony.

Sementara itu Camat Teweh Baru H. Joni, S.Sos.,M.IP mengatakan Pemerintah Kecamatan Teweh Baru mengapresiasi dan mensupport kegiatan Lokakarya Mini lintas sektor yang dilaksanakan UPT Puskesmas Sikui ini. Harapan kami Pemerintahan Kecamatan, desa dan Kelurahan selalu mendukung kegiatan terkait dengan penanganan kesehatan baik dari sisi perencanaan, keuangan dan pelaksanan sehingga semuanya bersatu padu menuju kesehatan di wilayah kecamatan Teweh Baru.

"Harapan kita agar kegiatan seperti ini terus berkelanjutan dan terkait dengan perencanaan baik evaluasi kegiatan maupun yang saat ini berjalan menyongsong kegiatan di bidang kesehatan tahun 2024. Jadi itulah harapan kita masing-masing sektor supaya bisa maksimal, karena apa yang telah menjadi harapan kita tersebut, terutama mengenai penanganan kesehatan khususnya di wilayah Kecamatan Teweh Baru ini berjalan jauh lebih baik lagi," pungkasnya. (Led)
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url