Penanganan Karhutla Di Murung Raya Masih Meninggalkan PR

Puruk Cahu, mediakaltengnews.com - Upaya Pemerintah Kabupaten Murung Raya bersama seluruh pemangku kepentingan baik di tingkat kecamatan hingga desa (Pemdes) serta warga masyarakat dalam rangka penanggulangan terjadinya bencana kebakaran hutan dan lahan (Karhutla), nampaknya masih meninggalkan pekerjaan rumah ( PR ). 

Hal ini diakui langsung Penjabat (Pj) Bupati Murung Raya Dr. Hermon, M.Si usai dirinya meninjau kesiapan Pos Komando ( Posko ) Induk di Markas BPBD Kabupaten Murung Raya di Puruk Cahu, Senin, (02/10/2023). 

Dipertanyakan ketersediaan dan kesiapan sarana dan prasaran, serta tindakan preventif bilamana terjadi Karhutla yang terjadi di pelosok dan jauh dari pusat pemerintahan kabupaten maupun kecamatan dan ataupun permukiman warga.

Pj Bupati Murung Raya Dr. Hermon, M.Si yang baru dilantik beberapa pekan lalu menjawab, katanya, persoalan sarana dan prasarana tersebut masih relatif kurang. 

"Ini menjadi PR kita, memang untuk penanganan karhutla maupun permukiman kita relatif kurang. Jangankan desa, di kecamatan pun kurang, itu menjadi agenda kita untuk menyiapkan semua itu,” sebut Hermon. 

Sementara demikian, apa dan bagaimana tindakan preventif yang dapat dilakukan masyarakat desa pelosok untuk menanggulangi terjadinya karhutla ?.Hal ini sehubungan dengan yang di katakan oleh Pj. Bupati Mura Hermon yang menyebutkan sarana dan prasarana relatif kurang, sementara kondisi terjadi kebakaran hutan dan lahan terjadi jauh dari Pusat Ibu Kota Murung Raya  maupun pusat permukiman.

“ Sementara ini kita aktifkan saja dulu semua kondisi kemampuan yang ada di sana. Jika memang ada sarana yang dimiliki masyarakat atau perusahaan terdekat atau juga dalam jangkauan kita , maka akan kita tindak lanjuti,” tegas Hermon.

Lanjut Hermon, memang seharusnya penanganan karhutla di tingkat desa, terutama yang masih banyak kejadiannya masib, itu akan selalu berulang kejadiannya di tiap periode. Ditanya dan diminta tanggapan terkait apa saja langkah ke depan dari pihak Pemkab Mura untuk mempersiapkan sarana dan prasarana di daerah pelosok desa untuk lebih mengoptimalisasikan penanganan penanggulangan karhutla tersebut? Dengan singkat Pj Bupati Murung Raya Hermon menegaskan jawabannya klarifikasinya.  Itu akan menjadi bahagian yang akan ditindaklanjuti.

Komentar