Camat Ustadin:Koperasi Karya Maju Bersama Seruyan Hilir Timur Tidak Transparansi Terhadap Anggota Penerima Manfaat

Kuala pembuang,MediaKaltengNews -
Keberadaan anggota koperasi merupakan faktor penting dalam organisasi yang menentukan pembentukan dan perkembangan serta kemajuan satu koperasi.

Sebagai sebuah badan usaha yang beranggotakan orang per orang, bukan beranggotakan modal peran anggota koperasi.sudah semestinya terus harus ditingkatkan. 

camat seruyan hilir timur Ustadin saat di wawancarai awak media,diruang kerjanya,ia menjelaskan terkait adanya laporan dari anggota binaan koperasi karya maju bersama,atas keluhan anggota koperasi,kepada ketua atau pengurus koperasi  Karya maju bersama yang tidak transparansi kepada anggota nya.koperasi ini berada di kecamatan Seruyan hilir timur kabupaten seruyan,selasa (16/01/2024 ) 

Camat seruyan hilir timur Ustadin,menekan,agar pengerus koperasi KMB itu,dalam status pelaksanaan koperasi maju bersama ini selalu transparansi kepada pihak penerima manfaat, atau anggota koperasi itu sendiri. 

ia juga menyebutkan sudah memanggil pihak ketua pengerus kopersai beserta anggota pengurus koperasi karya maju bersama itu,secara lisan,dalam hal untuk segera menyelengarakan rapat dalam rangka untuk memperjelas status akar permasalahan didalam kepengerusan anggota koperasi plasma tersebut. 

Namun panggilan secara lisan itu tidak membuahkan hasil,dan tidak mendaptkan tanggapan dengan serius, oleh pihak ketua maupun pihak pengurus kopersasi maju bersama ( KMB) seruyan hilir timur kabupaten seruyan itu,jelasnya.

selain itu juga,camat seruyan hilir timur,Ustadin,memberikan teguran kepada pihak pengerus koperasi KMB Mengingat tidak adanya progres yang mereka sampaikan,sampai saat ini,kata nya. 

"maka kami bermaksud untuk menindaklanjuti koperasi ini dengan menyampaikan surat kepada ketua koperasi,dalam hal,untuk meminta data salinan dari data koperasi maju bersama ( KMB )itu,ujar nya. 

Ustadin, menghimbau juga,agar ketua koperasi ini harus saling transparansi dalam menyampaikan status kegiatan yang dikelola koperasi kepada anggota koperasi tersebut, jelasnya. 

Ustadin menambahkan, kami dari pihak kecamatan,akan melayangkan surat kepada pihak koperasi,dan surat ini surat yang beberapa kali sudah kami lakukan,katanya.

"surat yang akan saya layangkan itu sudah mendapat respon dan dukungan dari pemerintah daerah kabupaten seruyan, melalui bidang Ekonomi", jelasnya. 

Ustadin menambahkan, pemerintah daerah pun sudah memerintahkan dari pihak bidang ekonomi pemkab seruyan,untuk meminta data koperasi maju bersama tersebut,namun sampai saat ini data salinan koperasi itu, belum didapatkan juga,jelas nya. 

Ustadin,meminta kepada ketua atau pengerus koperasi KMB agar bisa memberikan data itu, dengan harapan agar tidak menimbulkan polemik kepada anggota koperasi masyarakat yang  bersangkutan dikemudian hari,harapnya.

"agar keamanan dan ketertiban tidak terganggu di masyarakat khusus nya warga masyarkat seruyan hilir timur kabupaten seruyan"katanya.

Ustadin berharap kepada pihak pengurus kopersai itu, agar sekira nya transparansi,koperatif,dalam melakukan pelaksanaan tugas pengurusan koperasi, tambahnya.

ia juga miminta kepada pihak perusahaan agar turut membantu dalam penyelesaian permasalahan ini,agar pihak penerima manfaat anggota koperasi betul-betul,mendapatkan transparansi dari pihak ketua pengurus koperasi dan memang betul mereka mendaptkan hak-hak mereka sebagi onggota koperasi plasma tersebut. 

Selain itu,harapan camat seruyan hilir timur,Ustadin,apabila status permasalahan ini berjalan nantinya dengan baik, maka para pihak invistor pun ,dapat merasakan manfaat  dari anggota penerima manfaat plasma koperasi dari binaan desanya masing-masing, (gan/MKNews).

Komentar