HAB Ke-78 Usungkan Acara Sejuta Puisi dan Doa Membasuh Luka Palestina

KUALA KAPUAS, MKNews – Pj Bupati Kapuas Erlin Hardi yang diwakili oleh Plt Asisten I Setda Kapuas Fakhruransi  menghadiri acara sejuta puisi dan doa membasuh luka Palestina yang dilaksanakan oleh Kantor Kementrian Agama (Kemenag) Kabupaten Kapuas dalam rangkaian kegiatan Peringatan Hari Amal Bakti (HAB) Ke-78 Kementrian Agama Republik Indonesia Tahun 2024 bertempat di Aula Kantor Kementrian Agama Kabupaten Kapuas, Selasa (2/1/2024).

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Unsur Forkopimda, Kepala Kantor Kemenag Kapuas H. Hamidhan, Kepala Rutan Kelas IIB Kapuas David Anderson S, Ketua MUI Kapuas KH Nurani Sarji, Kepala Perangkat Daerah Kabupaten Kapuas, Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat serta tamu undangan yang hadir.

Plt Asisten I Setda Kapuas Fakhruransi saat membacakan sambutan dari Pj Bupati Kapuas mengatakan bahwa dirinya sangat menyambut baik kegiatan yang dilaksanakan oleh Kemenag Kabupaten Kapuas tersebut, yang dikemas melalui acara musikalisasi puisi dan doa lintas agama sebagai bentuk rasa kepedulian dan solidaritas kepada sesama khususnya saudara-saudara yang ada di Palestina.

“Ini juga sesuai dengan fatwa MUI nomor 83 tahun 2023 tentang hukum dukungan terhadap perjuangan Palestina, saya juga sangat mengapresiasi apa yang telah dilakukan Kemenag khususnya Kantor Kemenag Kabupaten Kapuas yang telah melakukan aksi solidaritas penghimpunan sumbangan dari ASN dan tenaga pendidik serta siswa madrasah para santri dan para ustad dan ustadzah di lingkungan Kementrian Agama Kabupaten Kapuas yang telah dilaksanakan beberapa minggu yang lalu,” ucapnya.

Lebih lanjut, dirinya juga mengucapkan selamat Hari Amal Bakti Kementrian Agama Republik Indonesia yang ke-78 tahun 2024 dan berharap semoga Kementrian Agama terus maju serta terus berkarya dan berkiprah untuk kemajuan masyarakat Indonesia khususnya di kabupaten Kapuas.

Ditempat yang sama, Kepala Kantor Kemenag Kapuas H. Hamidhan mengatakan rangkaian kegiatan HAB Kemenag Ke-78 telah dimulai dari tanggal 15 Desember 2023 yang lalu dan ada beberapa kegiatan-kegiatan yang telah dilaksanakan diantaranya sunatan massal sebanyak 42 peserta serta nantinya pihaknya akan melaksanakan apel sekaligus melakukan kegiatan donor darah di Aula Islamic Center Masjid Agung Al-Mukkaram Kuala Kapuas.

“Untuk Kemenag sendiri beberapa waktu yang lewat telah mengumpulkan donasi sebanyak 136 juta dan secara nasional dikumpulkan melalui Kantor Wilayah Kementrian Agama Provinsi Kalimantan Tengah terkumpul se-Kalimantan Tengah kurang lebih 1,1 Miliar,” terang Hamidhan.

Kegiatan tersebut kemudian dilanjutkan dengan menyajikan teater persembahan musikalisasi puisi yang dibawakan oleh siswa dan siswi Madrasah Kapuas dan dilanjutkan dengan  untaian doa lintas agama dari  Agama Hindu, Kristen, Katolik, Buddha dan Islam.(Heri)

Komentar