Pemkab Kapuas Terima Anugerah Parahita Ekapraya Kategori Madya

KUALA KAPUAS, MKNews - Anugerah Parahita Ekapraya merupakan penganugerahan yang diberikan kepada Kementerian/Lembaga dan Pemerintah Provinsi serta Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota sebagai bentuk pengakuan atas komitmen dan peran para pimpinan Kementerian/Lembaga dan Pemerintah Daerah dalam upaya mewujudkan kesetaraan gender dan pemberdayaan perempuan dalam berbagai bidang Pembangunan.

Dalam hal ini, Pemerintah Kabupaten Kapuas berhasil meraih penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya Tahun 2023 Kategori Madya dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KPPPA) Republik Indonesia (RI). 

Penyerahan penghargaan ini dilaksanakan di Ruang Rapat Rujab Bupati Kapuas, Sabtu (6/1/2024) dan diterima langsung oleh Pj Bupati Kapuas Erlin Hardi didampingi Sekda Kapuas Septedy.

Atas hasil yang didapatkan tersebut, Pj Bupati Kapuas Erlin Hardi menyampaikan rasa bangganya dikarenakan penghargaan yang diterima Pemerintah Kabupaten Kapuas ini menandakan bentuk perhatian dari Pemerintah Daerah dalam kesetaraan gender diwilayah Kabupaten Kapuas.

“Tentunya ini juga merupakan hasil dari kerja keras semua OPD dan dapat dijadikan sebagai pemicu serta semangat kita berikutnya dalam memperhatikan lagi terkait kesetaraan gender disemua lini kehidupan bermasyarakat,” tutur Erlin.

Sementara itu, disampaiakan Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3APPKB) Kapuas, dr Tri Setyautami bahwa Anugerah yang diterima Pemerintah Daerah Kabupaten Kapuas ini atas hasil evaluasi mandiri dari pengarusutamaan gender dari tahun 2021 dan 2022.

“Evaluasinya dilaksanakan setiap tahun, tetapi untuk penghargaannya tiap dua tahun sekali. Hal-hal yang dilakukan penilaian diantaranya kelembagaan pengarusutamaan gender, penyelenggaraan dari pengarusutamaan gender serta inovasi dalam rangka kesetaraan gender,” bebernya (Heri)

Komentar