KUMAI -MKNews-Gubernur Kalimantan Tengah Sugianto Sabran meluncurkan program asuransi nelayan berkah di Kabupaten Kotawaringin Barat.

 Sebagai bentuk komitmen dan kepedulian pemerintah provinsi setempat terhadap nelayan. 
“Pemprov memfasilitasi pembayaran premi asuransi bagi nelayan sebagai perlindungan,” kata Sugianto usai meresmikan Pangkalan Pendaratan Ikan (PPI) Kumai, Sabtu (15/2/2020).

Sugiato Sabran mengatakan, dengan diresmikannya PPI Kumai ini diharapkan dapat meningkatkan pendapatan masyarakat setempat. 


Banyak manfaat yang didapat dengan adanya PPI Kumai, salah satunya memperlancar arus bongkar muat ikan hasil tangkapan kata Sugianto dalam sambutannya pada acara peresmian PPI KumaI. “Sekaligus penopang jalur ekonomi. Dengan lancarnya jalur ekonomi, tentu saja akan berdampak pada meningkatnya pendapatan nelayan serta masyarakat setempat,” ucapnya.



Sugianto berharap nelayan dan masyarakat bisa menjaga, merawat serta memelihara bangunan PPI yang ada saat ini. Membangun adalah hal mudah, tetapi untuk memelihara dan mempertahankan itu sangat sulit. “Mampu membangun tetapi tidak bisa memelihara dan menjaga, sama saja dengan membuang-buang uang,” jelas dia.

Dalam kesempatan itu, Sugianto juga mengajak serta mengimbau agar para nelayan tidak meminjam modal kepada para rentenir.