Heru : Ajak Warga Menanam di Halaman Rumah




Palangka Raya, MKNews-Sabtu (24/2) Dampak akibat wabah Covid-19 sangat terasa bagi sebagian masyarakat, terutama masyarakat yang bekerja disektor informal. 

Kondisi ini tentu saja sangat memprihatinkan kita semua, sehingga perlu untuk saling membantu dan menumbuhkan rasa empati kita ujar tokoh pemuda Kalimantan Tengah, H. Heru Hidayat.

Menurut mantan Anggota DPRD Kalteng ini, selain upaya pencegahan seperti meningkatkan daya imunitas, berada di rumah, biasakan cuci tangan, menggunakan masker, dan lainnya, namun perlu juga diperhatikan adalah mengenai kebutuhan pokok sebagian masyarakat.

Selain itu perlu ada upaya membangun ketahanan pangan ditingkat keluarga seperti menanam tanaman hortikultura di halaman rumah atau lahan yang bisa dimanfaatkan ujar aktivis relawan sosial ini.

Yang bisa dilakukan adalah menanam sayur-sayuran, buah-buahan atau ubi-ubian yang bisa dipanen dalam waktu singkat disekitar halaman rumah ujar Heru

Bahkan setiap keluarga bisa menanam dengan memanfaatkan lahan atau halaman sekitar rumah sehingga lebih mudah untuk pemeliharaan. Bahkan bisa menggunakan pola hidroponik sehingga tidak membutuhkan lahan yang luas ungkap Heru.

Mengapa ini harus dilakukan? menurut Ketua PKS Kalteng ini, bahwa ketahanan pangan keluarga harus dimulai dari ruang lingkup terkecil yaitu keluarga dan lingkungan tempat tinggal. Kemudian tanaman yang ditanam adalah jenis tanaman yang mudah dan menjadi kebutuhan sehari-hari seperti sayuran, buah-buahan, ubi-ubian, dan lainnya.

Mengajak seluruh masyarakat dan keluarganya untuk melakukan "Gerakan keluarga menanam tanaman hortikultura" minimal sebanyak jumlah anggota dalam keluarga," ujar Heru.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url