Tim Terpadu Cegah Karhutla di Tengah Pandemi Covid-19


Kotawaringin Barat -MKNews- Tim Patroli Terpadu yang terdiri dari TNI, Polri, Manggala Agni, BPBD dan Masyarkat Peduli Api ( MPA) mulai melaksanakan Patroli Pencegahan Karhutlla di daerah kecamatan Kotawaringin Lama, Kamis (9/7).

Babinsa Koramil 1014 - 03/Kotawaringin Lama Koptu Said yang ikut dalam Tim Patroli Terpadu mengungkapkan, dalam pengendalian karhutla ini Tim lebih mengutamakan upaya pencegahan karhutla. Patroli terpadu merupakan upaya pencegahan yang telah dilaksanakan secara rutin.

“Kegiatan yang dilakukan teman-teman di lapangan pada saat patroli terpadu adalah menjaga daerah yang rawan karhutla serta beberapa daerah disekitarnya sehingga tidak terjadi karhutla di wilayah tersebut,” ungkap Said.

“Kegiatan tim ini meliputi monitoring kawasan, sosialisasi, pencarian informasi dan pemetaan masalah, melakukan groundcheck hotspot apabila terdeteksi muncul hotspot, pemadaman dini jangan sampai api membesar,” tambahnya.

Danramil 03/Kotawaringin Lama Kapten Inf Handoyo mengungkapkan dengan adanya kegiatan patroli dan posko terpadu pencegahan karhutla diharapkan upaya pencegahan karhutla di tingkat tapak yang melibatkan multistakeholder akan semakin sinergis.

“Upaya terpadu dimaksud perlu memperhatikan kearifan lokal masyarakat dan secara bertahap mencari solusi bagi pembakar hutan dan lahan yang bermotif ekonomi,” ungkap Danramil

“Dalam upaya terpadu dimaksud juga dilaksanakan kegiatan dukungan sosialisasi antisipasi penyebaran Covid-19,” tambahnya.
[Penrem/Red*
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url