Karo SDM Tinjau Rikmin Awal Seleksi Penerimaan Bagi Calon Bintara Polri Tahun 2020 Di Polres Kapuas

KUALA KAPUAS, MKNews- Polres Kapuas melaksanakan Pemeriksaan Administrasi (Rikmin) Awal Seleksi Penerimaan Terpadu Calon Anggota Polri Tahun 2020 untuk Bintara bertempat di Aula Tingang Menteng Panunjung Tarung, Sabtu (22/08/2020) pagi.

Kegiatan tesebut juga ditinjau dan Disupervisi langsung oleh Karo SDM  Polda Kalteng Kombes Pol Denny. Y. Putro, S.I.K., M.Si. bersama perwira Biro SDM, perwira Bid Propam Polda Kalteng yang disambut langsung oleh  Kapolres Kapuas AKBP Manang Soebeti, S.I.K., M.Si dan Para Pejabat Utama Polres Kapuas. 

Kapolres Kapuas AKBP Manang Soebeti, S.I.K., M.Si menuturkan Polres Kapuas selaku Panitia Bantuan Penerimaan ditingkat Polres telah menerima berkas sebanyak 159 pendaftar. “Para pendaftar ini sebelumnya telah mendaftar secara online dan verifikasi di Polres Kapuas,” katanya.

“Tahapan pendaftaran masih di Polres Kapuas, Saat ini panitia bantuan penerimaan di Polres Kapuas melaksanakan Rikmin Awal berkas para pendaftar. Pemeriksaan meliputi kelengkapan berkas-berkas pendaftaran serta ukur tinggi badan dan berat badan masing-masing pendaftar,” paparnya.

Dalam pemeriksaan ini, melibatkan tim internal dan eksternal. Tim eksternal berasal dari Dinas Kependudukan, Pencatatan Sipil (Dindukcapil) dan Dinas Kesehatan Kabupaten Kapuas, sedangkan tim internal dari jajaran Polres Kapuas yaitu Bagian Sumda, Seksi Propam dan Siwas.

Karo SDM juga memberikan penekanan bahwa seleksi penerimaan calon anggota Polri ini menerapkan prinsip Betah (Bersih, Transparan, Akuntabel, Humanis). “Untuk transparansi, hasil pemeriksaan akan diumumkan secara terbuka, masing-masing peserta seleksi bisa mengetahui siapa saja yang memenuhi syarat dan tidak memenuhi syarat ke tahap berikutnya,” tuturnya.

Setelah lolos seleksi administrasi awal di Polres Kapuas para pendaftar akan mengikuti tahap seleksi berikutnya di tingkat Polda Kalteng. Ia Juga mengimbau kepada para pendaftar agar tidak mudah percaya kepada oknum yang menyatakan dapat membantu kelulusan sebagai anggota Polri.

“Belajar yang baik, persiapkan fisik dan juga mental yang baik, percayakan pada kemampuan diri sendiri. Itu yang terpenting,” ungkap Kombes Pol Denny. 

Pendaftaran ini tidak dipungut biaya apapun “Masuk Polri tidak dipungut biaya alias gratis,” Pungkasnya. (Heri)
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url